Bansos PPDI Sidoharjo Untuk Masyarakat Negeri Di Atas Awan

Wonogiri – PPDI Kecamatan Sidoharjo mengadakan kegiatan bhakti sosial dengan bantuan air bersih untuk daerah yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Sumbangan air bersih yang di galang bersama perangkat desa di kecamatan Sidoharjo, Wonogiri ini mulai didistribusikan Rabu (09/10/2019) siang, di Dusun Tekil Sembukan Sidoharjo.

Baca juga : Aplikasi PPDI Versi Android Resmi Di Release

Timan selaku Ketua PPDI Kecamatan Sidoharjo dan beberapa rekan pengurus secara simbolis menyerahkan bantuan dana bantuan kepada Pariyo, Kadus gondang, untuk kemudian digunakan sebagai biaya pengadaan air bersih untuk warga diwilayah tersebut.

“ Bantuan ini sabagai bentuk kepedulian PPDI Sidoharjo untuk saudara-saudara kami yang sedang mengalami kekurangan air bersih,” ujar Timan yang merupakan Kepala Dusun Wates Wetan Mojoreno ini.

“ Memang nominalnya tidak seberapa, tapi harapan kami bantuan ini dapat sedikit mengurangi beban saudara-saudara kami di wilayah Tekil.”  

Pantauan awak media sendiri wilayah Tekil sendiri merupakan wilayah paling selatan dari Kecamatan Sidoharjo Wonogiri, yang masuk Desa Sembukan. Uniknya wilayah ini terletak diatas gunung yang merupakan bagian dari pegunungan Seribu di pesisir selatan pulau Jawa.  Akses jalan ekstrem karena kontur jalan yang menanjak menjadikan tantangan tersendiri meskipun kondisi jalan sudah cor beton.

Aliran sungai yang mengering di Dusun Tekil ini merupakan sumber mata air yang digunakan oleh sebagian besar warga dengan cara disedot melalui mesin pompa air. Musim kemarau yang sudah memasuki bulan Oktober ini menjadikan sungai sudah tidak dialiri oleh air lagi, sehingga warga hanya mengandalkan satu sumber mata air yang terdapat di Dusun Gondang untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih.

Baca juga : Batik PPDI Wujud Kebersamaan Dan Kepedulian Dalam Perjuangan

“ Karena medan yang sulit ini, bantuan kami serahkan dalam bentuk uang tunai dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan bagaimana cara masyarakat penerima bantuan mendapatkan air bersih,” ujar Suroto, salah satu Pengurus PPDI Kecamatan Sidoharjo. “ Rencana awal kami langsung droping dengan truk tangki tapi mengingat medan yang cukup berat akhirnya diberikan secara tunai.”

Bantuan yang sebanding dengan 8 truk tangki air ini kemudian dibagikan kepada warga di 3 Dusun yang ada di Pondok, Gondang dan Sari. Bisa dikatakan ketiga dusun ini wilayah negeri diatas awan, mengingat lokasinya diatas pegunungan.

“ Harapan kami dengan stimulan bantuan dari PPDI ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Timan bersama pengurus PPDI Kecamatan Sidoharjo ketika berpamitan untuk meninggalkan lokasi.

Berita terkait :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *