DPMD Cirebon Tegaskan Aturan Pemberhentian Perangkat Desa

Cirebon – Paska Pemilihan Kepala Desa serentak di 177 Desa, nasib perangkat desa berada diujung tanduk. Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, buka suara dan memberikan sikap terkait berkembangnya rumor ganti kuwu ganti perangkat desa.

” Kami menghimbau agar kuwu terpilih, tetap berpedoman pada aturan yang ada, mulai dari Permendagri dan Perda maupun Perbup, karena ada mekanisme yang mengatur pemberhentian perangkat desa,” Kata Nanan kepada media pada Kamis (31/10).

Baca juga : Ironis, Satu Hari Sertijab Kades langsung Pecat 5 Orang Perangkat Desa

Lebih lanjut, Nanan meminta bagi para calon yang kalah bisa legowo menerima hasil pilwu serentak, adapun bagi calon yang kalah, dalam memperjuangkan gugatan keberatan hasil perhitungan suara agar menggunakan jalur sesuai konstitusi dan tidak memobilisasi massa pendukung.

Bagi calon yang menang agar dalam mensyukuri kemenangannya menggunakan cara cara yang mengundang simpati, bukan mengundang provokasi pendukung lawan, ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD Kabupaten Cirebon, tersebut

Ditempat terpisah, salah seorang Sekretaris Desa Suci Mundu, mengakui terdapat dilema bagi para perangkat desa dalam menghadapi pemilihan Kepala Desa, walaupun sudah jelas diatur bahwa setiap kegiatan Pemilu, Pilkada, maupun pemilu dan Pilkades.

Perangkat Desa itu harus menjaga netralitas, artinya dalam ketetapan itu harus bener bener netral walaupun terkadang menjadi dilema perangkat desa pada saat calon petahana ikut Pilkades maka perangkat desa dianggap tidak netral,” kata Akrudi saat ditemui dikomplek pemerintah Mundu Cirebon.

Baca juga : DPRD Kulonprogo Mulai Bahas Raperda Siltap Perangkat Desa

Ia menambahkan, berbeda halnya jika sudah tidak netra, maka akan jadi bumerang pada saat calon lain yang jadi resikonya bisa di rolling atau diberhentikan karena tidak netral.

Kuncinya profesionalisme dan menjaga netralitas, maka perangkat Desa tidak terancam diberhentikan,” demikian Akrudi.

sumber berita

Berita terkait :

2 komentar untuk “DPMD Cirebon Tegaskan Aturan Pemberhentian Perangkat Desa”

  1. Saefudin dari prades Pekantingan kec. Klangenan kab. Cirebon. 10 Prades Pekantingan di tekan di suruh mendatangi surat pengunduran diri tapi udah mendatangi kata kuwu terpilih kelanjutan prades gimana selanjutan. Kuwu terpilih mengatakan dengen kopensasi setengahan brupa bengkok sama perades yang Baru

  2. Di Desa pekantingan kec. Klangenan kab. Cirebon prades pekantingan 10 orang pemecatan sepihak tidak tau alasan nya apa nya pak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *