Hadiri Rakerda PPDI Ciamis, Bupati Herdiat Harapkan Profesionalitas Perangkat Desa



CIAMIS – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengingatkan pengurus dan anggota Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Ciamis agar menjalankan tugas pokok sebagai perangkat desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis saat memberikan sambutan pada Rapat Kerja PPDI Kabupaten Ciamis Tahun 2020 di Aula Hotel Tyara Plaza, Senin (28/12/2020).

“Kita tidak boleh lupa sebagai pengurus dan anggota PPDI tugas pokoknya bukan di organisasi (PPDI), tapi tugas utamanya adalah sebagai perangkat desa,” katanya seperti dikutip dari rilis Humas Ciamis.



“PPDI ini sebagai motor penggerak pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan, dan untuk menjalankan roda pembangunan yang mengendalikan kepala desanya,” jelas Herdiat.

Selain itu, Herdiat juga mengingatkan kepada pengurus PPDI Kabupaten Ciamis agar meningkatkan keahlian SDM Perangkat Desa dari mulai penataan keuangan, rencana pembangunan dan tata kelola pemerintahan desa.

“APBDes yang terkadang lebih besar dibandingkan anggaran SKPD di Kabupaten Ciamis, mengharuskan yang harus transparan dan akuntabel, ,”

Bupati Ciamis ini pun mengharapkan, tidak ada desa yang bermasalah di tahun mendatang.

Jika dilihat dari segi sistem keuangan desa sudah cukup bagus, saat ini ada aplikasi siskeudes, Para kepala desa dan perangkatnya tidak boleh gaptek harus paham dan bisa mengikuti kemajuan zaman.

“Kita harus memiliki kehati-hatian dalam pengelolaan tata keuangan desa,” tutupnya.




Sementara itu, Ketua PPDI Kabupaten Ciamis, Toto Suryanto, mengungkapkan, kegiatan Rakerda PPDI tahun 2020 merupakan salah satu kewajiban organisasi dalam rangka menyusun program di tahun 2021.

“Pelaksanaan raker kita lakukan secara sederhana dalam rangka mendukung pencegahan Covid-19, biasanya Raker dilaksanakan secara gebyar dengan melibatkan perangkat desa se-Kabupaten Ciamis,” imbuhnya.

Ia pun menyampaikan, PPDI bersama pemerintah sudah melaksanakan pemilihan kades serentak tanpa adanya ekses. “Dalam kontestasi demokrasi tentunya ada kalah dan menang, yang paling penting perjalanan demokrasi berjalan dengan baik,” ujar Toto.

sumber berita



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *