Kades Nekat , Perangkat Desa Dari Satu Keluarga Besar

Ia melihat kebijakan sang Kades seperti ingin membangun sebuah kerajaan. Mengapa hal itu disampaikannya, karena sebagian besar perangkat desa Salam Buku diisi oleh keluarga sang Kades. Dimulai dari anak kandung, keponakan kandung, dan adek ipar, serta Sekdes yang merupakan adik kandung sang istri.

“Seperti Kaur Pembangunan, Hanafi adalah ponakan Kades. Lalu Kaur Pemerintahan, Agus Salim adalah ipar dari istrinya. Lalu Kaur Keuangan yang merangkap bendahara, Asnaini adalah anak kandung sang Kades, yang sebelumnya dijabat oleh menantu Kades. Kemudian jabatan Kaur Umum, Khudri yang merupakan keponakan kandung kades,” ujarnya lagi.

Dikatakanya, untuk jabatan Sekdes, saat ini dijabat oleh Sahari yang merupakan adik kandung dari istri Kades.

“Sebelumnya ada Sekdes bukan dari keluarganya, namanya Rustam. Tapi diberhentikan tanpa sebab oleh Kades, lalu digantikan dengan Sekdes saat ini,” katanya.

Lalu dalam pemilihan Kepala Dusun (Kadus), seharusnya dipilih oleh warga. Tapi ada Kadus tidak hasil pemilihan, Kades mengeluarkan SK tidak berdasarkan hasil pemilihan itu.

“Kami ada lima Kadus, Kadus 1, 2, 3 dan 5 di seberang, itu dipilih. Tapi kadus 4 d ibelakang Pasar Baru tidak melalui pemilihan warga. sudah beberapa kali warga minta diganti, dan minta dilakukan pemilihan, tapi tidak diindahkan permintaan warga,” jelasnya.

Bahkan, lenjutnya, ada salah satu ketua RT yang merupakan suami dari adek sepupu Kades. Yang seharusnya dipilih oleh warga, tapi ditunjuk langsung oleh kades.

Dan terkait janji politiknya pada Pilkades 2016 lalu, semuanya tidak terealisasi. Kades berjanji jika terpilih, maka dia akan menyediakan tanah makam, pemberataan pembangunan, pengelolaan dana desa transparan.

“Dari janji politik itu, tidak ada yang direalisasikannya, seperti tanah makam, pemberataan pembangunan, kita sama tahu, dan bisa dilihat, pembangunan merata yang dijanjikannya tidak ada,” ujarnya.

Terpisah, Kades Salam Buku, Zulkifli saat dikonfirmaai via seluler belum bisa memberikan keterangan. Ia mengaku sedang ada kegiatan, dan langsung memutuskan sambungan telpon dari media ini.

“Saya lagi ada acara,” ujarnya sambil menutup telepon.

sumber berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *