Kades Ngawi Terpilih Tunggu SK Bupati

Ngawi, Puskominfo-PPDI – Usai Pilkades serentak yang diikuti 178 desa yang menyebar di 19 Kecamatan di Kabupaten Ngawi pada 29 juni 2019 lalu, diperoleh keterangan bahwa kini masuk pada tahapan pelantikan Kades terpilih.

Untuk sampai tahap pelantikan, harus melewati sejumlah tahapan dan waktu khusus, diantaranya laporan pihak BPD ke kecamatan dengan batas waktu 7 hari, selanjutnya dari kecamatan ke Bupati juga membutuhkan 7 hari juga.  Pada tahapan pelantikan, dibutuhkan kelengkapan laporan administrasi yang harus dipenuhi.

Pada tahapan berikutnya, sebagai Pejabat yang berhak dan wajib adalah Bupati yang mempunyai waktu maksimal 30 hari untuk menerbitkan SK dan melantik kepala desa dari terbitnya SK maksimal juga 30 hari. 

Dari total waktu yang diperlukan untuk pelaporan, maka agenda pelantikan diperkirakan bisa dilakukan pada bulan oktober mendatang, meski jalannya pelaksanaan pilkades serentak pada hari yang sama, namun demikian dalam pelantikannya dipastikan tidak bersamaan,  Dimana bergantung kepada teknik tahapan pelaporan menuju ke pelantikan dan sesuai dengan masa jabatan Kepala desa yang beragam 

Sementara untuk kepala desa yang habis masa jabatan yaitu pada tanggal 18 juli 2019 sejumlah 110 kepala desa yang tersebar di desa dan kecamatan yang berbeda. Adapun Kepala Desa yang masa jabatannya berakhir pada awal tahun 2020 ada 3 desa, yaitu Desa Macanan Kecamatan Jogorogo, Desa Jagir Kecamatan Sine, dan Desa Lego wetan Kecamatan Bringin.


Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *