Khusus Perangkat Desa, Pemerintah Gorontalo Siapkan 12 M



Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjamin hak-hak kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Gorontalo tak akan dipotong.

Penegasan Gubernur Gorontalo itu menyusul beredarnya isu di media sosial akan adanya pemotongan hak kepala desa beserta aparatnya.

“Kita akan segera kembalikan semua hak kades, perangkat desa hingga kepala dusun seperti semula. Dan saat ini APBD kabupaten/kota masih dievaluasi,” tegas Rusli melalui sambungan telepon seluler saat RDP bersama Asosiasi Kepala Desa dan BPD di gedung DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (7/12/2020).



Gubernur Rusli Habibie juga menegaskan, pengembalian honor kades dan perangkat desa tak ada kaitannya dengan politik. Hal itu merupakan murni menyikapi aspirasi dari kepala desa terkait penurunan honor tersebut.

“Sudah ada beberapa kepala desa ketemu dengan saya terkait dengan penurunan honor kepala desa dan perangkat Desa. Dan menyikapi hal tersebut, saya dan pak Nelson telah membahasnya. Jadi, ini tidak ada hubungan dengan Pilkada. Ini juga menyikapi isu yang telah beredar dari luar adanya pemotongan honor kades dan perangkat desa. Saya dan DPRD menjamin hak mereka segera tuntas,” urai Rusli.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menuturkan, dirinya tak mengetahui adanya pemotongan honor kades dan aparat desa karena baru saja menyelesaikan cuti kampanye selama 71 hari.

Namun demikian, saat ini APBD Kabupaten Gorontalo belum final karena masih akan dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan harapan bisa ditinjau kembali.

“Jadi, tidak ada penurunan honor. Meski pun ada akan disesuaikan dengan ketentuan. Nantinya akan dibuat Perbup sebagai pedoman APBDes sehingga kinerja baik,” kata Nelson.




Terkait honor kepala desa dan perangkatnya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo masih menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Honor Kepala Desa dan Perangkat Desa.

“Dan Kabupaten Gorontalo segera menyesuaikan demi kinerja kepala desa. Kami pun siapkan anggaran Rp 12 Miliar untuk honor kades dan aparat desa,” tandasnya.

sumber berita



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *