Pemdes Bumidaya Tingkatkan Kedisplinan Dengan Absensi Fingerprint

KALIANDA — Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, akan menerapkan sistem absensi bagi aparatur pemerintah desa dengan sistem Finger Print (sidik jari).

Sistem absensi dengan menggunakan finger print itu diberlakukan bagi seluruh aparatur pemerintah desa mulai dari Kaur, Kasi, Staff Pemerintah Desa hingga Kepala Dusun.

Baca juga : PPDI Buton Lahir Untuk Bersama-sama Membangun Desa

Kepala Desa Bumidaya, Dudi Hermana mengaku pihaknya menerapkan absensi dengan sistem finger print bagi aparatur pemerintah desa tersebut akan diterapkan pada 2020. Dimana, pihaknya akan menganggarkan melalui anggaran dana desa 2020.

“Penggunaan absensi Finger Print ini adalah hasil musyawarah dari semua perangkat yang tujuannya agar seluruh perangkat desa dapat datang dan pulang dengan tepat waktu,” kata dia, Sabtu 16 November 2019.

Rapat Desa Bumidaya

Dudi mengatakan penerapan absensi finger print ini dilakukan sesuai dengan Permendagri Nomor 83 Tahun 2016 tentang peningkatan aparatur desa. Dia mengaku, kedepannya aparat desa agar lebih meningkatkan pelayanan dan kinerja aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayan yang terbaik kepada masyarakat.

“Absensi Finger Print mulai kami akan terapkan pada tahun depan. Dimana, nanti aparstur desa masuk kerja pada pagi hari harus absensi dengan sidik jari dan ketika pulang kembali absensi,” kata dia.

Baca juga : Sah, PPDI Mukomuko Dapatkan SKT Dari Kesbangpolinmas

Sesuai dengan hasil musyawarah dan kesepakatan bersama seluruh aparatur pemerintah desa setempat, kata Dudi, jika tingkat kehadiran aparatur pemerintah desa setempat kurang baik, maka perangkat desa itu akan mendapatkan sanksi.

“Akan kami coba dulu. Kalau ada aparatur desa yang tingkat kehadirannya minim, nanti akan mendapatkan sanksi. Tentu pertama akan mendapatkan teguran,” kata dia. 

Sumber berita /foto:fajarsumatra

Berita terkait :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *