SDM Perangkat Desa Siap Untuk Aplikasi Masuk Desa

Ngawi, Puskominfo-PPDI. Berbagai langkah dan strategi dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngawi dalam menangani penerbitan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pemerintah Desa melalui Perangkat Desa nya sebagai garda terdepan dalam penanganan dalam rangka pelayanan tentang hal ini.

Mengingat cakupan anak yang mempunyai akta kelahiran yang prosentasenya sangat rendah. Penerbitan akta kelahiran merupakan hal yang sangat penting dalam kepengurusannya begitupun juga untuk akta kematian. Mengingat akta kelahiran merupakan syarat administrasi sebagai pemenuhan hak sipil si anak. Karena akta merupakan syarat dalam berbagai hal saat tumbuh kembang si anak. Begitupun juga akta kematian juga sangat diperlukan untuk mengurus berbagai syarat hak terhadap pemiliknya.

Karena setiap anak di Indonesia berhak mendapatkan hak identitasnya sejak lahir maka berbagai inovasi dilakukan untuk mengejar kebutuhan tentang maka dilakukan perbaikan sistem dalam pelayanan penerbitan dokumen tersebut dari cara manual ke sistem pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) secara online yang kesemuanya tidak terlepas dari peran desa dan perangkat desa. Dalam hal ini Perangkat Desa menjadi garda terdepan dalam penanganan masalah ini, karena Perangkat Desa adalah petugas yang bersentuhan langsung dalam kehidupan di msyarakat. Perangkat Desa menerima, mencatat, mengarsipkan, dan melakukan tahap penerbitan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Oleh karena itu 50 Perangkat Desa dari berbagai desa dari Kecamatan yang ada di Kabupaten Ngawi, Rabu tanggal 21 Agustus 2019 mengahdiri pelatihan di RM. Hj.Maimun di Jl. Ir. Sukarno Ngawi yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngawi.

Acara dibuka oleh Drs. Sugeng, M.Si selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngawi. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta pelatihan yaitu perangkat desa. Perangkat Desa merupakan personil pertama yang menerima, menghadapi, memberikan pelayanan dalam hal kependudukan.” ungkap Kepala Disdukcapil Ngawi.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang tatacara pelayanan secara Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) kepada peserta Perangkat Desa untuk melayani kebutuhan administrasi tentang hal tersebut kepada masyarakatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *