Segera! Cek 5 Rekening Yang Bakal Tidak Dapat BSU Pekerja Gelombang Ke-2



Jakarta : Sebanyak 150 ribu pekerja masih belum menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), diantara banyaknya rekening yang belum menerima, terdapat banyak perangkat desa yang sebenarnya sudah sesuai kriteria penerima tapi sampai sekarang belum mendapat juga.

Diketahui, BLT Rp1,2 juta akan ditransfer kepada penerima subsidi gaji yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah Rp5 juta.

“Sampai saat ini yang belum mendapatkan BLT sekitar 150 ribuan,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Senin (26/10/2020).

Ida menjelaskan, mereka belum menerima BLT karena terjadi kekurangan atau ketidakvalidan data.




“Ada kekurangan atau ketidaksesuaian data. Misalnya rekeningnya tidak valid, kemudian NIK-nya kurang nomornya, kemudian nomor rekeningnya dia tidak sesuai dengan nama yang diserahkan,” ujarnya

Dia menyebut berdasarkan data Kemnaker per 19 Oktober 2020, bantuan subsidi gaji telah tahap I tersalurkan kepada 2.485.687 penerima (99,43%); tahap II sebanyak 2.981.531 penerima (99,38%); tahap III sebanyak 3.476.120 penerima (99,32%); tahap IV sebanyak 2.620.665 penerima (94,09%); dan tahap V sebanyak 602.468 penerima (97,39%).

“Subsidi upah disalurkan melalui dua termin pembayaran. Setelah pembayaran termin pertama selesai disalurkan, Kemnaker akan kembali memproses pembayaran termin kedua subsidi upah,” ujarnya.



Sementara itu untuk perangkat desa yang sampai dengan saat ini belum menerima transferan BLT Subsidi Gaji ini bisa jadi karena bebarapa penyebab, berikut ini adalah kriteria 5 rekening yang dipastikan oleh kemenaker gagal cair untuk mendapatkan dana BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2.

Menurut Kemnaker 5 rekening berikut ini dipastikan tidak akan mendapat dana BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2, diantaranya:

1. Rekening tidak sesuai NIK

2. Rekening yang sudah tidak aktif

3. Rekening pasif

4. Rekening yang tidak tercatat

5. Rekening telah dibekukan oleh Bank



Lima rekening yang sudah pasti gagal cair tersebut adalah rekening yang bermasalah dan tidak bisa mendapatkan penyaluran BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2.

Selain berpotensi gagal cair, 5 jenis rekening tersebut merupakan rekening yang pernah menghambat penyaluran BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan pada gelombang pertama.

Berdasarkan pola yang terjadi sebelumnya, kemenaker menegaskan bahwa 5 rekening tersebut juga berpotensi untuk menjadi penghambat pencairan dana BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2.

Perlu diketahui, BLT subsidi gaji BPJS gelombang 2 akan dicairkan di awal bulan November 2020.

sumber berita dari berbagai sumber



3 komentar untuk “Segera! Cek 5 Rekening Yang Bakal Tidak Dapat BSU Pekerja Gelombang Ke-2”

    1. Dapat bantuan desa dengan kartu keluarga atas nama anda sebagai kepala keluarga tidak? Ditempat saya ada karyawan yg seperti itu sendirian sampai sekarang belum cair juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *