Serahkan Bantuan Kemanusiaan, Wujud Bhakti Sosial PPDI Brebes




BANTARKAWUNG – Musibah banjir yang terjadi di wilayah Bantarkawung dan Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah akibat intensitas hujan yang tinggi kemarin, Selasa (01/12/2020) yang mengakibatkan beberapa warga mengungsi mengundang kepedulian Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kab. Brebes, Jawa Tengah untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak.

Tim Peduli Kemanusiaan PPDI Kab. Brebes bersama dengan Perumda BPR Bank Brebes, hari ini, Rabu (02/12/2020) menyerahkan bantuan sosial untuk warga yang terdampak musibah banjir di wilayah Kec. Bantarkawung dan Sirampog, Kab. Brebes.

Menurut Ketua Umum PPDI Kab. Brebes Hartoyo, penyerahan bantuan sosial ini sebagai wujud kepedulian dari perangkat desa yang tergabung dalam wadah PPDI di Kab. Brebes untuk turut membantu meringankan sebagian beban warga yang menjadi korban musibah banjir ini.



“Kami sengaja datang ke Bantarkawung bersama Perumda BPR Bank Brebes sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan kami adanya musibah banjir ini,” kata Hartoyo.

Karena berdasarkan informasi yang kami terima, tambah Hartoyo, selain merendam pemukiman warga, banjir setinggi paha orang dewasa ini juga melumpuhkan akses jalan provinsi Bumiayu-Bantarkawung, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

” Selanjutnya, kami bersama-sama juga ikut mendoakan agar khususnya di wilayah Kec. Bantarkawung ini kondisinya selalu aman dan terkendali di tengah musim penghujan ini,” ujar Hartoyo.

Sementara itu, Suranto, S.Sos selaku Kasie Tramtib Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes yang menerima penyerahan bantuan sosial dari PPDI Kab. Brebes dan Perumda BPR Bank Brebes mewakili Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto, mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih adanya bantuan sosial wujud kepedulian ini.

“Bantuan yang telah kami terima ini secepatnya akan kami distribusikan kepada para korban banjir di Kec. Bantarkawung,” kata Suranto.

Secara terpisah, Ketua PPDI Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes, Kohar SH mengatakan bahwa, banjir di wilayah ini terjadi karena meluapnya tiga sungai besar, yaitu Sungai Pemali, Sungai Ciomas dan Sungai Ciraja.



” Di Dukuh Gempol Desa Bantarkawung, Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes dilaporkan sejumlah rumah terendam yang mengakibatkan warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, ” terang Kohar yang juga salah satu relawan peduli bencana di Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes ini.

Setelah selesai bakti sosial di Kec. Bantarkawung Tim Peduli Kemanusiaan PPDI Kab. Brebes sedianya akan melanjutkan perjalanan ke wilayah Kec. Sirampog, Kab. Brebes yang juga mengalami musibah serupa. Tetapi dikarenakan cuaca yang tidak mendukung dan juga dengan memperhitungkan kondisi keamanan jalan yang berkelok naik pegunungan kurang bersahabat akibat hujan lebat, akhirnya tim mengurungkan niatnya dan kembali ke Brebes. (Sherly)



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *