Siltap Perangkat Desa Pangandaran Naik Di 2020

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan mengkaji Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, salah satunya terkait dengan Penghasilan Tetap (Siltap) pegawai desa.

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Tjomi Suryadi mengatakan berdasarkan PP Nomor 11 tahun 2019, mulai tahun 2020 Penghasilan Tetap (Siltap) pegawai desa akan disetarakan dengan gaji PNS golongan II a.

”Kita akan lakukan pengkajian terhadap PP tersebut dan juga Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur mengenai penghasilan tersebut,” ujarnya kepada Radar, Jumat (1/11).

Menurutnya, dalam aturan Perda yang sudah ada gaji perangkat desa berdasarkan presentasi dari gaji kepala desa, setelah keluarnya PP tersebut akan disesuaikan dengan gaji PNS setarap golongan II a.

Kenaikan itu, kata dia, akan berlaku pada tahun 2020, karena aturan tersebut baru bisa diimplementasikan satu tahun setelah aturan terbit. ”Maka setelah perda diganti, maka siltap mereka resmi akan naik,” tuturnya.

Tjomi mengatakan peningkatan kesejahteraan bagi perangkat desa tersebut, diharapkan bisa mendorong kinerja mereka untuk melayani masyarakat. ”Bisa jadi pemicu buat mereka (perangkat desa) semangat bekerja,” ucapnya.

sumber berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *