Subsidi Gaji Diperpanjang Hingga Akhir 2021, Perangkat Desa Bisa Bernafas Lega




JAKARTA – Pemerintah berencana akan memberikan tambahan anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) subisisi gaji . Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan tambahan anggaran ini untuk membantu masyarakat terdampak vaksin Covid-19.

Terkait tambahan subsidi gaji, Sri Mulyani akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan untuk memperpanjang BLT karyawan atau pekerja sampai akhir 2021.

“Kita akan memberikan tambahan anggaran subsidi gaji dibawah 5 juta dan kita memberikan kemudahan bagi UMKM,” ujar Sri Mulyani saat video virtual, Senin (4/11/2021).



Menurut dia BLT subsidi gaji masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Terdapat enam fokus bidang yaitu kesehatan dengan anggaran Rp97,26 triliun, perlindungan sosial Rp234,33 triliun sektoral K/L dan Pemda Rp65,97 triliun, UMKM Rp114,81 triliun, pembiayaan korporasi Rp62,22 triliun, dan insentif usaha Rp120,6 triliun.

Pihaknya optimistis program PEN mampu mendorong perekonomian menjadi lebih baik dan telah dibuktikan dengan momentum pertumbuhan di sejumlah sektor. Ia pun terus memonitor bahwa program PEN dapat menyentuh hingga level bawah. “Kami akan terus melihat apakah efektivitas dari program ini betul-betul mencapai kepada masyarakat karena efeknya menekan ekonomi masyarakat,” tandas dia.

Sementara itu perangkat desa yang memenuhi syarat sebagai penerima bantuan subsidi gaji ini dapat bernafas lega, karena dengan adanya bantuan ini tentu dapat meringankan beban selama masa pandemi ini.



Dalam satu kesempatan beberapa waktu yang lalu, Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa perangkat desa memang layak menerima bantuan ini. Ida menambahkan, meski penerima subsidi gaji merupakan perangkat desa, yang terpenting memenuhi kriteria peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020.

Untuk pencairan perpanjangan BLT Subsidi Gaji 2021 bakal ada jadwal pencairan BSU untuk tahun 2021 yang akan dilakukan di dalam waktu berikutnya setelah mendapatkan keputusan dari Kemnaker.

Dalam program BLT subsisdi gaji ini penerima manfaat akan mendapatkan dana sebesar Rp600.000 selama 4 bulan yakni dengan total Rp2,4 juta. Dana itu bakal diserahkan dalam dua termin yakni Rp1,2 juta per terminnya.

sumber berita



6 komentar untuk “Subsidi Gaji Diperpanjang Hingga Akhir 2021, Perangkat Desa Bisa Bernafas Lega”

    1. Subsidi gaji/karyawan yang berpenghasilan dibawah 5jt per bulan ini diberikan dengan persyaratan antara lain:
      1. Tercatat aktif sebagai peserta BPJS Tenaga Kerja, dan memiliki kartu BPJSTK.
      2. Berpenghasilan dibawah Rp.5jt per bulan
      3. Memiliki rekening aktif (BRI,BNI,BCA,BPD)
      4. Telah didaftarkan sebagai karyawan/pegawai ke Dinas Tenaga Kerja/ Kantor BPJS Tenaga Kerja di Kabupaten oleh Instansi/Dinas/Desa tempat ia bekerja.

      1. Mendaftar ke Kantor BPJS Tenaga Kerja terdekat secara kolektif untuk semua Perangkat Desa. Wajib menjadi peserta BPJS TK, dan memiliki rekening aktif di bank yang tergabung dalam Himbara (BRI, BNI, BCA, BPD)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *