Tangis Haru Tim Perintis Warnai Terpilihnya Jhon Apendi Menjadi Ketua PPDI Banyuasin



BANYUASIN — Jhon Apendi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Banyuasin masa bhakti 2020 – 2025 sesuai Musyawarah Kabupaten (Muskab) yang di laksanakan di ruang rapat DPMD Banyuasin, Selasa (03/11).

Jhon Apendi merupakan Sekretaris Desa (Sekdes) Rimba Terab Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Sedangkan terpilih sebagai Sekretaris PPDI Banyuasin Deni Saputra, S.Pd dari Banyuasin III dan Bendahara Supriyadi dari Tungkal Ilir.

Muskab ini dihadiri perwakilan dari 21 Kecmtan dan dinas PMD yang diwakili oleh Kabag Pemdes Husein Albadri dan juga dhadiri Kades Upang Ceria Abdul Hamid serta Ketua perintis PPDI Banyuasin periode 2011- 2016.Dan dalam Muskab ini Ketua perintis PPDI Banyuasin menangis haru mengenang perjuangan tim formatur yabg selalu semngat untuk membangkitkan lagi PPDI di Banyuasin.




Ketua terpilih PPDI Banyuasin Jhon Apendi, usai melakukan Muskab mengatakan, bangkitnya kembali PPDI Banyuasin ini berkat perjuangan dari para tim formatur PPDI yakni Neven dari Banyuasin III, Jhon Apendi dari Suak Tapeh, Deni Sultra, S.Pd dari Banyuasin III, Supriadi dari Tungkal Ilir, Dwi Prasetia dari Suak Tapeh dan Dikri Pranata, S.Sos dari Banyuasin III.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih atas segala perjuangan mereka yang selalu semangat untuk membangkitkan kembali PPDI Banyuasin, dengan perjuangan keras mereka akhirnya PPDI Banyuasin kembali terbentuk. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rekan – rekan perwakilan perangkat desa dari 21 kecamatan yang telah mempercayai saya untuk menahkodai PPDI Banyuasin,” ucap Jhon sapaan akrabnya.

Jhon juga berharap PPDI Banyuasin ini akan menjadi wadah bagi perangkat desa, salah satu visi misi kita memperjuangkan hak-hak perangkat desa. Dan segera mungkin akan melaksanakn pengukuhan kepengurusan PPDI Banyuasin untuk periode 2020-2025. “Dari hasil pertemuan tadi telah disepakati sebagai Sekretaris Deni Saputera, S.Pd dari Banyuasin III dan bendahara Supriyadi dari Tungkal Ilir.




Menurut Jhon, PPDI merupakan persatuan perangkat desa yang tidak hanya ada di tingkat kabupaten, tapi sentral dari pusat hingga ke kecamatan. “Dalam waktu dekat ini, kita akan mengadakan kegiatan pengukuhan kepengurusan. PPDI Banyuasin nanti akan dilntik langsung oleh pengurus PPDI Pusat Mujito dari Jakarta,” ungkap dia.

Dikatakan Jhon, langkah awal PPDI yang di nakhodainya, akan memperjuangkan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD). Hal ini sesuai dengan informasi dari Pengurus PPDI Pusat, pasca pertemuan dengan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI pada pertengahan September lalu.

Pihaknya berharap kepada Kepala Desa terpilih nantinya, dapat melaksanakan amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Khususnya Permendagri Nomor 67 tahun 2017 tentang Perubahan Permendagri Nomor 83 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.




“Perangkat Desa bukan tidak bisa diberhentikan, namun ada mekanismenya. Kalau sesuai aturan yang berlaku, kita siap menerimanya. Asal tidak sepihak dan sewenang-wenang saja,” tegas pria yang dikenal tegas dan pandai bergaul ini.

Harapan lain lanjutnya, pada tahun 2020 nanti Pemkab Banyuasin dapat menyesuaikan Siltap Kepala Desa dan Perangkat Desa, sesuai amanat PP Nomor 11 Tahun 2019 setara gaji PNS Gol. II a. “Seharusnya sejak PP ini keluar, tapi amanat PP paling lambat Januari 2020. Semoga Pemkab Banyuasin sudah menyesuaikannya,” imbuh dia.

Jhon menegaskan, pihaknya bakal berupaya untuk membenahi organisasi yang dipimpinnya tersebut. “Kita merupakan organisasi baru di Banyuasin, tentunya butuh pembenahan diinternal untuk memajukan organisasi kedepannya, berharap dukungan dan sinergi semua stakeholder terkait,” pungkas dia.

Sumber berita



2 komentar untuk “Tangis Haru Tim Perintis Warnai Terpilihnya Jhon Apendi Menjadi Ketua PPDI Banyuasin”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *