Tepis Kegelisahan Menjelang Pilkades, Perangkat Desa Cianjur Bersatu Dalam PPDI

Cianjur – Sejumlah pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia tingkat Kecamatan di kabupaten Cianjur satu persatu sudah terbentuk dan di dukung penuh oleh Pihak Kecamatan Senin (16/09/2019).


Dengan demikian cukup dapat dimaklumi bahwa hadirnya PPDI di Kabupaten Cianjur membawa angin segar untuk perangkat desa yang pada tahun 2020 sebanyak 234 desa menghadapi pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa.
Diakui atau tidak bahwa dalam menghadapi Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa, banyak perangkat desa yang harap – harap cemas dalam menghadapi pesta pilkades tersebut.

Pengurus Kabupaten Cianjur berkoordinasi untuk pembentukan PPDI Kec. Cugenang

“ Pemerintah Pusat sudah membuat regulasi tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dengan diterbitkannya Permendagri no 67 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri no 83 Tahun 2015 sebagai pelaksana dari Undang-undang Desa no 06 Tahun 2014 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.


“Seharusnya kami sebagai Perangkat Desa sudah duduk nyaman dalam mengabdikan diri di Desa, tidak akan terpengaruh dengan kondisi desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa atau pun tidak. Tapi fakta di lapangan bahwa masih banyak Perangkat desa yang merasa terancam keberadaanya sebagai perangkat karena mendengar bahwa para calon kepala desa akan membawa gerbong politiknya kedalam pemerintahan desa yang baru disaat kepala desa tersebut terpilih menjadi kepala desa sambung Ai Nurjanah yang merupakan sekretaris Desa di desa Maleber Kecamatan Karangtengah.

Koordinasi Pengkab Dengan Camat Sukaresmi


Kegelisahan yang dirasakan oleh perangkat desa yang tahun depan akan melaksanakan pemilihan kepala desa, sekarang mulai bernapas lega, dengan hadirnya Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Pimpinan Mujito,SH ini. Terbukti hari ini sebanyak 4 kepengurusan PPDI Tingkat Kecamatan terbentuk di Kabupaten Cianjur yaitu Kepengurusan PPDI Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Cugenang, Kecamatan Cikadu dan Kecamatan Cilaku. Dengan demikian dalam 3 hari terakhir sudah terbentuk 9 kepengurusan PPDI Kecamatan di Kabupaten Cianjur.


” Alhamdulillah bahwa Kepala Dinas DPMD Kabupaten Cianjur Drs.H Ahmad Danial, M.Si Selaku Dewan Penasehat DPD PPDI Kabupaten Cianjur selalu intens memberikan masukan dan arahan kepada kami, serta peran serta aktif puskominfo PPDI Cianjur maupun Redaksi Puskominfo PPDI Pusat yang tak hentinya memberikan informasi seputar kiprah PPDI yang bamyak diterima oleh perangkat desa dicianjur, yang kemudian dibagikan kembali di grup-grup Whatsapp perangkat desa”ujar Dudi Hendarsyah,S.Pd.I Ketua DPD PPDI Kabupaten Cianjur yang merupakan Perangkat desa Ciwalen Kabupaten Cianjur.


Dari 32 Kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, mudah-mudahan di bulan september ini kepengurusan PPDI kecamatan akan terbentuk seluruhnya sambung Agung Nursyamsi Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan Kaderisasi PPDI Kabupaten Cianjur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *