Terbitnya NIPD Menjadi Target Pertama Dalam Raker PPDI Bulukumba




BULUKUMBA – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Bulukumba gelar Rapat Kerja (Raker) di aula Mess Pemda Pantai Bira, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, pada Sabtu (3/10/2020).

Rapat kerja yang di hadiri Kepala Dinas DPMD Andi Kurniady Dan Kadis Pariwisata Saleng, serta perangkat desa Bira dan 50 Peserta dari Pengurus PPDI Kabupaten Bulukumba.

Rapat kerja yang rencananya berlangsung selama 2 hari itu akan membahas program strategis PPDI kedepan selama 5 tahun di masa kepemimpinan Sappewali Kutong.

Ketua PPDI Bulukumba, Sappewali Kutong, mengatakan di antara program kerja yang prioritas, yakni mendorong Pemerintah Daerah Bulukumba menerbitkan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD).

“Program prioritas yang akan kami utamakan adalah mendorong Pemerintah daerah terbitkan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) gunanya untuk legalitas perangkat desa,” kata Sappewali.



Perangkat Desa Tugondeng itu menambahkan, dasar hukum NIPD jelas dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 141/978/SJ tentang Pengelolaan Data Kepala Desa dan Perangkat Desa. Dengan dasar itu, PPDI mendorong Pemkab Bulukumba menerbitkan NIPD.

“Dengan NIPD legalitas perangkat desa lebih jelas lagi. Olehnya itu kami mendorong legalitas itu ada dan setara dengan Golongan 2 ASN,” katanya.

Harapannya, ke depan perangkat desa ada kesejahteraan. Dengan begitu, bisa memotivasi semangat kerja perangkat desa untuk membantu kepala desa membangun desa masing-masing.



“Kami berharap kebijakan kepala daerah agar mampu mengakomodir apa yang menjadi harapan perangkat desa terkait dengan tambahan dari tunjangan kinerja, misalnya gaji 13,” katanya.

“Sehingga Pekerja perangkat desa mampu meningkat pendapatan anggaran desa (PAD), sesuai kemampuan desa masing masing. Dan perangkat desa tidak mengeluh lagi soal tunjangan yang tidak sesuai kinerjanya selama ini,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas DPMD Andi Kurniady mengatakan, terkait Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) itu sudah dicanangkan pemerintah daerah.



“Soal Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) itu sudah di rencanakan Pemerintah kabupaten, mudah mudahan tahun 2021 bisa terealisasi, sebab itu sudah tertuan dalam surat keputusan menteri dalam negri (Kemendagri),” katanya.

“Jadi nantinya, kata Mantang kadis Dinas perhubungan itu, setelah perangkat desa memiliki NIPD, kepala desa tidak serta merta lagi mengganti perangkat desa, sebab sudah ada legalitas dan ada regulasi dari kementerian desa yang mesti di ikut Pemerintah desa bila ingin melakukan pergantian,” tutupnya.



sumber berita : upos.id

3 komentar untuk “Terbitnya NIPD Menjadi Target Pertama Dalam Raker PPDI Bulukumba”

  1. Mudahan segera terealisasi NIPD, agar perangkat desa yg saat ini atau kedepannya tidak dihantui akan definisi ganti kades ganti perades.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *