Tingkatkan Kinerja Bupati Karanganyar Persilahkan Rotasi Perangkat Desa

KARANGANYAR – Sampai pertengahan Oktober 2019 ini, belum ada desa di Karanganyar yang mengajukan mutasi perangkat desa. Bulan ini merupakan waktu yanng diberikan Bupati Juliyatmono bagi desa yang menginginkan pergantian atau mutasi perangkat, setelah mengemuka beberapa saat lalu ketika beberapa desa menginginkan mutasi perangkat desanya.

Kabag Pemerintahan desa Timotius Suryadi mengemukakan, mutasi perangkat diperbolehkan namun Pemkab Karanganyar memberikan aturan, harus ada uji kompetensi dari pihak ketiga untuk menentukan dimana perangkat itu menduduki jabatannya.‘’Jadi tidak bisa hanya dilakukan begitu saja seenaknyya kadesnya, apalagi karena faktor like and dislike karena kades menilai perangkat itu dulu tidak mendukungnya saat pilkades,’’ kata Timotius sambil tertawa, Senin.

Baca juga :

Dia mengatakan, kabar adanya kades yang meminta mutasi perangkat desa memang ada, namun permohonan secara resmi d mejanya belum ada, Kalau selentingan memang terjadi agar ada mutasi perangkat desa untuk menyelaraskan kinerja kades dan perangkatnya.

Dan itu memang diperbolehkan, asal dilakukan bukan disebabkan faktor yang justru semakin membuat desa tidak harmonis kinerjanya karena antara kades dan perangkatnya tidak harmonis.

Dia mencontohkan, tidak hanya mutasi perangkat yang secara prosedural diizinkan, namun juga promosi di tingkat desa, misalkan perangkat desa diangkat menjadi sekdes, untuk menggantikan sekdes yang pensiun. Itu diperbolehkan.

sumber berita

Berita terkait :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *