Bupati Pekalongan : ” Saya Pecat Kades Yang main Pecat Perangkat Desa!”




Pekalongan (12/09/2020) : Peringatan keras dikeluarkan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si kepada Kepala Desa yang melakukan pemberhentian tanpa prosedural kepada perangkat desanya.

“ Saya akan pecat Kepala Desa yang memecat perangkatnya tanpa alasan yang jelas,” ujar beliau dalam sambutannya di acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) PPDI, Sabtu (12/09/2020) di Ballroom Hotel Nirwana Pekalongan, Jawa Tengah.




Hal ini mensikapi tentang maraknya pemberhentian perangkat desa selepas adanya pesta demokrasi di tingkat desa atau pemilihan kepala desa.

Senada dengan tema pembahasan dalam rapat komisi program kerja yang dilakukan oleh peserta rapimnas malam sebelumnya.

Suasana Rapimnas PPDI di Ballroom Hotel Nirwana Pekalongan

Adanya pemecatan perangkat desa yang marak di wilayah Sumatera secara gamblang disampaikan juga oleh beberapa Ketua PPDI Propinsi yang hadir, seperti Mesran (Sumatera Utara), Ibnu Majah (Bengkulu), Muhammad Nuh (Jambi), Nofrianto (Sumatera Barat).

“ Seharusnya kejadian semacam ini tidak perlu terjadi, mengingat jabatan perangkat desa sudah diatur dalam perundang-undangan, “ terang Agil, sapaan akrab dari Ketua PPDI Propinsi Sumatera Utara. “ Ditambah dengan terbitnya surat edaran dari pihak Kementerian Dalam Negeri terkait penertiban kasus-kasus pemberhentian perangkat desa tanpa prosedur.”




Sikap tegas yang ditunjukkan oleh Bupati Pekalongan tersebut, tentu mendapat sambutan yang positip dari peserta rapimnas yang hadir. Mengingat tidak banyak Kepala Daerah di Indonesia yang bisa memberikan jaminan kepastian hukum tentang jabatan perangkat desa.

Disampaikan juga dalam sambutan tersebut tentang perjalanan perundangan bagi desa dan stakeholder desa, mulai dari eranya UU No 5 Tahun 1979 sampai dengan UU No 06 Tahun 2014.



Tidak lupa apresiasi positip diberikan oleh Bupati Asip Kholbihi SH.,M.Si kepada Musbhikin selaku Ketua PPDI Kabupaten Pekalongan yang secara konsisten berjuang untuk pergerakan perangkat desa demi kesejahteraan.

“ Seandainya mau beliau ini sudah menjadi anggota dewan (DPRD), Sayangnya lebih memilih untuk konsentrasi di PPDI, “ ujar beliau yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari peserta rapimnas.

Seusai memberikan sambutan, Bupati Asip Kholbiihi SH.,M.Si ,  mohon diri menninggalkan lokasi rapimnas karena ditunggu kegiatan lain diwaktu yang sama.




1 komentar untuk “Bupati Pekalongan : ” Saya Pecat Kades Yang main Pecat Perangkat Desa!””

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *