Berita,  Berita Nasional

Cek Kembali, Begini 6 Syarat Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah 2022

Jakarta – Pemerintah kembali menggelar program bantuan langsung tunai (BLT) berupa subsidi gaji/upah dengan nominal sebesar Rp1 juta. Program ini dikenal juga dengan nama Bantuan Subsidi Upah atau BSU. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto mengatakan, subsidi gaji ini akan diberikan untuk 8.8 juta pekerja yang memenuhi syarat penerima BSU 2022 sesuai data di Kementerian Ketenagakerjaan.



“Ada program baru yang diarahkan pak presiden, yaitu bantuan subsidi upah untuk gaji yang di bawah Rp3,5 juta, besarannya Rp1 juta per penerima,” kata Airlangga.

Merujuk laman Kemnaker, berikut syarat penerima BSU 2022 yang berhak mendapat subsidi gaji sebesar Rp1 juta dari pemerintah.

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK.

2. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021.

3. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta.



4. Pekerja/buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratusan ribuan penuh. Sebagai contoh: upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp.4.798.312 dibulatkan menjadi Rp4.800.000.

5. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah.

6. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, property dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sectoral BPJSTK).



Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *