DPMD Padeglang Minta Kades Baru Tidak Berhentikan Perangkat Desa

PANDEGLANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, mengingatkan kepada para Kepala Desa (Kades) yang baru dilantik, agar tidak melakukan perombakan terhadap perangkat desa.

Saat ini, sebanyak 17 Kades terpilih hasil dari Pilkades serentak yang dilakukan beberapa bulan lalu, telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Pandeglang di Gedung Pendopo Pandeglang, Kamis (30/1/2020).

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, bagi Kades yang baru tidak boleh melakukan pergantian atau perombakan terhadap para perangkat desa apapun alasannya. Tapi jika hanya roling, menurut dia, diperbolehkan karena hak prerogatif Kades.

“Tidak boleh ada pemecatan atau pergantian Prades (perangkat desa). Terkecuali ada alasan tertentu yang dilakukan Prades yang benar-benar melanggar aturan,” ungkap Doni usai menghadiri pelantikan Kades.

Lanjut Doni, jika ada Kades baru itu melakukan pemecatan atau perombakan Prades tanpa ada alasan yang kuat, pihaknya akan mempertimbangkan untuk mencairkan dana desa (DD) bagi desa tersebut.

“Jika ganti Kades dan ganti pula para aparaturnya repot. Makanya Kades baru tidak boleh mengganti para Pradesnya yang lama,” tegas Doni.

Doni juga meminta, Kades baru agar langsung bekerja, jangan mempermasalahkan hasil pekerjaan Kades yang lama. Tapi Kades baru itu harus langsung bergerak membangun desa yang lebih maju lagi.

“Meskipun pembangunan yang dilakukan Kades lama ada masalah, itu urusan kami dan biarkan kami yang menyelesaikan,” ujarnya.

sumber berita

1 komentar untuk “DPMD Padeglang Minta Kades Baru Tidak Berhentikan Perangkat Desa”

  1. Itu baru bener gak kayak DPMD kab Muara Enim Sumsel gak ada ketegasan kepada kades terpilih untuk tetap memakai Parades yg lama malah memberi cela kepada kades terpilih untuk tetap mengganti atw memecat Parades malah kadin PMD mengatakan bisa bisalah bgaimana para kades memberhentikan dgn cara apapun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *