Gaji Ke-13 Perangkat Desa Sawah Lunto Untuk Menutup Celah Korupsi

SAWAHLUNTO – Tim penilaian Kompetensi dan Transparasi Dana Desa Provinsi Sumatra Barat melakukan penilaian kepada Walikota Sawahlunto, Deri Asta sebelum mengunjungi dan menilai Transparansi Pengelolaan Dana Desa Salak Kecamatan Talawi.

Dikesempatan itu, ketua tim penilai, Basril Basyar mengapresiasi langkah Walikota yang memberikan perhatian besar kepada aparatur desa dengan memberikan gaji ke 13 untuk perangkat desa yang diatur dalam Peraturan Walikota (Perwako).

“Ini satu satunya di Sumbar yang memberikan perhatian besar pada kesejahteraan aparatur Desa melalui kebijakan Walikota memberikan Gaji ke 13 untuk Perangkat Desa yang di atur dalam Peraturan Walikota,” tuturnya.

Dia menilai, Walikota Sawahlunto telah melakukan upaya yang serius untuk menutup celah korupsi dan membuka lebar transparansi Pengelolaan Dana Desa.

Penilaiannya ini didasari atas banyaknya regulasi yang diterbitkan Pemko Sawahlunto untuk mengatur Pengelolaan Dana Desa di Kota Sawahlunto.

“Regulasi tersebut adalah 6 Perda, 8 Perwako, 4 Keputusan Walikota serta pembentukan tim Pembina dan Pengawas Desa. Pemko juga melakukan banyak pelatihan dan pembinaan aparatur Desa untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Desa,” ujarnya.

Dalam eksposenya Walikota Sawahlunto Deri Asta memaparkan, pihaknya memberi target kepada Desa dan Kelurahan untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di wilayahnya.

“Kita menginstruksikan Desa/Kelurahan untuk tidak terfokus pada pembangunan fisik, tetapi bagaimana mengintervensi kehidupan Penduduk miskin secara langsung dengan Dana Desa.Data KK miskin, kita ajukan by name, by adress kepada masing-masing Desa. Dan kita minta kades/lurah untuk menginventarisir program yang bisa diberikan untuk mengangkat kehidupan mereka,” tuturnya.

Walikota juga berjanji, akan memberikan reward dan punishment kepada Kades yang bisa meningkatkan kesejahteraan warganya.

sumber berita

1 komentar untuk “Gaji Ke-13 Perangkat Desa Sawah Lunto Untuk Menutup Celah Korupsi”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *