Gelar Mukerda Propinsi, PPDI Lampung Siap Menuju Profesionalitas Abdi Negara Dan Masyarakat



LAMPURA – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Se-provinsi Lampung menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) dengan mengambil tema Penegasan Identitas dan Penguatan SDM Perangkat Desa Menuju Abdi Negara dan Abdi Masyarakat yang Profesional, Jum’at (30/10/2020).

Agenda sebagai tindak lanjut dari Rapimnas PPDI di Pekalongan beberapa saat yang lalu ini, dihadiri oleh Kabid PMD Propinsi Lampung yang mewakili Gubernur Lampung, Kepala Balai Pemdes Lampung, Ketua PPDI Propinsi Lampung dan perwakilan dari pengurus PPDI Kabupaten se-Propinsi Lampung.




” Muskerda ini mengambil tema Penegasan Identitas dan Peningkatan SDM Perangkat Desa Menuju Abdi Negara dan Abdi Masyarakat Yang Profesional Dari Desa Untuk Bangsa,” ujar Triyono, S.Pd, selaku Ketua PPDI Propinsi Lampung saat dihubungi redaksi.

” Banyak yang menjadi pembahasan dalam Muskerda ini yang nantinya akan menjadi perjuangan PPDI Lampung kedepan,” lanjut Triyono.

Hal senada di ungkapkan oleh Ketua PPDI Lampura Erwin Susandi SH (c) yang juga menjabat Kepala divisi Hukum Dan Advokasi PPDI Lampung.

“Acara ini (Mukerda, red) bukan hanya ajang silaturahmi antar pengurus baik PPDI kabupaten, kota provinsi atau pun pusat, tapi lebih menitik beratkan atau pesan yang ingin di sampaikan kepada semua khalayak juga termasuk pemerintah bahwa PPDI ini ‘juga’ mengambil peran dalam bingkai NKRI selaku Abdi Negara sekaligus Abdi Masyarakat,” tegas Erwin.

 Dia menambahkan, PPDI kedepannya diharapkan untuk lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya dalam rangka turut serta membangun Lampung melalui pemerintahan tingkat desa dan juga sebagai jembatan jika ada perangkat desa yang bermasalah atau bahkan tersangkut kasus hukum.

“Melalui pelayanan dan pembangunan yang baik kepada masyarakat, secara tidak langsung artinya PPDI telah berkontribusi untuk kemajuan daerah Lampung. Tentu hal ini tidak terlepas dari kualitas perangkat desa itu sendiri,” jelasnya lebih jauh.



Sedangkan lanjut nya, merujuk dari beberapa nara sumber yang ada, baik yang berasal pengurus PPDI Provinsi dan PPDI Pusat kedepannya PPDI akan dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan agar memiliki kompetensi yang muaranya akan lebih profesional dalam menjalankan tugas nya sebagai perangkat desa yang notabene adala aparatur pemerintah.

“Peningkatan kualitas dan kompetensi perengkat desa mutlak di butuhkan, apalagi saat ini perangkat desa di setarakan denga ASN golongan II A, yang artinya SDM perangkat desa tidak kalah dengan ASN, bahkan tidak bermaksud untuk untuk membesar-besarkan saat ini banyak perangkat desa yang berijazah S1 dan yang dalam proses penyelesaian S1, terutama di Universitas swasta di daerah nya masing-masing.”papar Erwin lebih lanjut.




Kedepan tambah Erwin, PPDI akan membangun suatu system yang akan menunjang kemandirian anggota PPDI organisasi seperti pembuatan kartu anggota (KTA) yang juga berfungsi sebagai ATM.

Terpisah, Kepala Dinas PMD Lampung, yang di wakili oleh Muhadi yang sekaligus membuka acara tersebut mengatakan, peningkatan kapasitas perangkat desa khususnya pengurus yang tergabung di lembaga resmi seperti PPDI dapat menjambatani permasalahan yang berhubungan dengan aparat desa.

“Kepada para perangkat agar lebih bersemangat dalam bekerja supaya tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan berjalan lancar. Untuk memajukan suatu daerah maka yang harus diutamakan yaitu peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Juga perlu dilakukan penguatan internal Pengurus PPDI untuk Peningkatan SDM Perangkat Desa Menuju Abdi Negara dan Abdi Masyarakat yang Profesional.

sumber berita



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *