Harapkan Komunikasi Internal Yang Baik, Bupati Buka Muskerda PPDI Pati




Pati – Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) dibuka oleh Bupati Pati Haryanto di Pendopo Kabupaten Pati, Jateng. Sabtu, 09 Januari 2021.

Kegiatan musyawarah tersebut berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Di mana peserta yang hadir berjumlah kurang dari 50% kapasitas ruangan, wajib mengenakan masker dan menjaga jarak, serta tersedia tempat untuk mencuci tangan.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Muskerda penting untuk dilaksanakan sebab ketua organisasi tidak dapat memutuskan sendiri suatu program sepenuhnya.



Semua program-program, terangnya, perlu dimusyawarahkan dengan pengurus kecamatan dan kabupaten dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraan serta pelayanan masyarakat.

“Sehingga manakala program-program yang sudah ditetapkan tidak berjalan sesuai rencana, maka teman-teman pengurus dapat melakukan evaluasi,” kata Bupati.

Haryanto pun mengakui, organisasi-organisasi non-provit seperti PPDI dibentuk untuk memudahkan komunikasi dan menjalin kesinambungan antarorganisasi dalam menjalankan tugas.



“Kita tahu bahwa organisasi atau lembaga pemerintah desa maupun kabupaten saling membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu diperlukan komunikasi yang baik untuk menghasilkan kinerja yang baik pula,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Bupati  juga menyinggung terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), di mana Kabupaten Pati termasuk salah satu Kabupaten/Kota yang akan memberlakukan kebijakan tersebut.

Ia menyatakan akan segera membuat Surat Edaran sebagai rujukan dan panduan masyarakat dalam menaati PPKM.

Ia juga mewanti-wanti anggota PPDI bahwa organisasi ini bukan alat untuk menekan pemerintah.



“PPDI ini untuk memudahkan komunikasi antar lapisan. Bukan suatu kelompok tertentu atau geng, juga bukan alat untuk menekan pemerintah maupun yang lain. PPDI ini adalah organisasi profesi, organisasi non profit. Bukan organisasi yang profit oriented,” tandasnya.

Sementara, Ketua PPDI Kabupaten Pati Susiswo mengatakan bahwa tujuan musyawarah kerja daerah ini ialah untuk menampung gagasan-gagasan maupun ide para anggota PPDI untuk diwujudkan dalam program-program selama lima tahun kedepan.

“Muskerda ini untuk menyikapi jadwal kinerja PPDI Kabupaten Pati yang kemudian akan kita sosialisasikan ke tingkat kecamatan,” ujar dia saat diwawancarai.

Adapun inti dari Musykerda ini, lanjut dia, untuk bersinergi tidak hanya kepada semua pengurus dan anggota saja melainkan juga kepada masyarakat secara luas.

“Harapannya, selain kita membangun sinergitas, profesionalisme perangkat desa, sebagai pelayan publik juga harus dekat dengan masyarakat,” tandas dia.

sumber berita



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *