Jika Gaji PNS Naik Di 2021, Bagaimana Dengan Gaji Perangkat Desa ?



Bagaimana Dengan Gaji Perangkat Desa ?

Gaji pamong/perangkat  desa sudah diatur pemerintah pusat lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dalam Pasal 81 PP tersebut, penghasilan tetap kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat desa dianggarkan lewat APBDesa yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD).

Gaji perangkat desa tertinggi yakni untuk jabatan sekretaris desa atau yang biasa disebut sebagai carik desa. Gaji per bulannya yakni paling sedikit Rp 2.224.420 atau setara dengan 110 persen dari gaji pokok PNS golongan IIa. Sebagai informasi, sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia sudah menetapkan status sekretaris desa sebagai PNS.



Sementara gaji perangkat desa lain di luar sekretaris desa ditetapkan paling sedikit sebesar Rp 2.022.200 per bulan atau setara dengan 100 persen dari gaji pokok PNS. Jika diukur dari besaran gaji minimal per bulan, gaji sekretaris desa maupun perangkat desa lain ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan gaji minimal kepala desa yang ditetapkan sebesar Rp 2.426.640.

JIka gaji pokok PNS akan naik pada tahun 2021, tentunya gaji perangkat desa juga ikut naik. Dengan dasar pada PP No 11 Tahun 2019 sebagaimana dijelaskan di atas. Pendapat yang senada di sampaikan oleh Sarjoko, S.H, Sekretaris Jenderal PPDI ketika dihubungi melalui aplikasi WA.




“ Tentu (naik), harus dilihat bahwa peraturan terkait penghasilan tetap perangkat desa sudah jelas dalam PP No 11 Tahun 2019,” ujar Sarjoko.

“ Disitu tertulis jelas bahwa (penghasilan tetap perangkat desa) setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan 2 A, artinya ketika gaji PNS naik gaji perangkat desa juga harus menyesuaikan dengan aturan tadi,” lanjut Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa di salah satu desa di Magelang ini.

Tentu untuk keputusan akhir tetap menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Pusat, sambal berharap bahwa komunikasi berkelanjutan yang dibangun oleh PP PPDI dapat memberikan gambaran jelas tentang peningkatan kesejahteraan dari perangkat desa itu sendiri.

Halaman sebelumnya

Sumber berita : dari berbagai sumber



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *