Jika Gaji PNS Naik Di 2021, Bagaimana Dengan Gaji Perangkat Desa ?



Ada kabar baik untuk pegawai negeri sipil atau PNS! Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah merumuskan kebijakan reformasi sistem pangkat dan skema penghasilan untuk tahun 2021.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono menjelaskan, rencana tersebut saat ini tengah dalam proses pembahasan bersama Kementerian PANRB, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, hingga Pemerintah Daerah.

Bila pembahasan ini rampung, kata Paryono, hasilnya nanti dapat mempercepat proses perumusan kebijakan teknis tentang pangkat, gaji, tunjangan dan fasilitas PNS. Kebijakan ini bakal membuat skema penghitungan gaji PNS berubah, dari yang sebelumnya terdiri dari banyak komponen, menjadi hanya gaji dan tunjangan.



Dalam rencana aturan ini, gaji pokok PNS direncanakan naik. Sebab beberapa tunjangan seperti tunjangan keluarga akan dilebur dalam pos gaji pokok.

“Formula gaji PNS yang baru akan ditentukan berdasarkan beban kerja, tanggungjawab, dan risiko pekerjaan. Implementasi formula Gaji PNS ini nantinya dilakukan secara bertahap, diawali dengan proses perubahan sistem penggajian yang semula berbasis pangkat, golongan ruang, dan masa kerja, menuju ke sistem penggajian yang berbasis pada harga jabatan,” jelas Paryono, Minggu (13/12).

Paryono menjelaskan, kebijakan ini juga nantinya bakal menyebabkan adanya penyederhanaan jenis tunjangan PNS. Dari yang semula terdiri dari banyak tunjangan, menjadi hanya tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Rumusan tunjangan kinerja bakal disesuaikan dengan pada capaian masing-masing PNS. Sementara tunjangan kemahalan mengacu pada indeks harga yang berlaku di daerah masing-masing.




Ia menjelaskan, seluruh kebijakan penetapan penghasilan PNS tersebut nantinya disesuaikan juga dengan kondisi keuangan negara. Sehingga BKN masih terus melakukan kajian secara hati-hati.

“Butuh upaya hati-hati, analisis dan simulasi yang mendalam dan komprehensif, sehingga mampu menghasilkan kebijakan yang baru tentang pangkat, gaji, tunjangan, dan fasilitas PNS. Ini agar nantinya tidak memberikan dampak negatif, baik terhadap kesejahteraan PNS maupun kondisi keuangan negara,” pungkas Paryono.

Bagaimana Dengan Gaji Perangkat Desa ?

Baca halaman berikutnya



2 komentar untuk “Jika Gaji PNS Naik Di 2021, Bagaimana Dengan Gaji Perangkat Desa ?”

  1. Untuk Gaji/siltap perangkat desa : PP 11 trs Perbup nya kan sdh jls juga kalo Siltap Kades,Sekdes dan Parades Jelas kok di situ,,ngapain Bingung/repot..,

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *