Berita,  Berita Daerah

Jika Jadi Presiden Perangkat Desa Menjadi PPPK Masuk Program Ridwan Kamil ? Begini Menurut GNKJ

Bandung – Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) terus bergerilya menyosialisasikan ketokohan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. GNIJ sebut Ridwan Kamil bakal memanjakan dan menguatkan demokrasi di tingkat desa.
Sekjen GNIJ Suhara Iskandar mengatakan Ridwan Kamil sejatinya dinanti masyarakat desa. Saat ini relawan Ridwan Kamil tengah berkonsolidasi dengan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI).

“Memang waktu itu sempat ramai soal APDESI tentang tiga periode Pak Jokowi. Karena memang waktu itu belum ada tokoh yang jelas, setelah ini (Pak Jokowi) siapa,” kata Suhara saat berbincang dengan detikJabar di Sekretariat DPW Syarikat Islam Jabar, Minggu (8/5/2022).



Dilansir dari detik.com, Suhara menjelaskan Ridwan Kamil alias Kang Emil akan mengubah desa lebih maju, seperti desa digital, pemahaman demokrasi di tingkat desa dan lainnya. Kang Emil bakal memberikan terobosan-terobosan.

“Contoh misalnya soal perangkat desa jadi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Kemudian, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) sekarang masih belum jelas, ke depan akan dijadikan seolah-olah DPRDes. Agar demokrasi di desa lancar, ada eksekutif dan legislatif,” ujar Suhara yang juga merupakan Sekretaris DPW Syarikat Islam Jabar itu.

Suhara tak menampik demokrasi di desa masih terjadi ketimpangan. Karena peran legislatif sebagai pengawas masih kurang jelas.

Selain berbicara soal keberpihakan Kang Emil ke desa-desa, Suhari juga mengatakan tentang ketokohan Kang Emil yang dipandang moderat. Ia berharap majunya Kang Emil di Pilpres 2024 bisa mengakhiri polarisasi masyarakat yang saat ini terjadi.



“Beliau ingin mengakhiri hal-hal yang terjadi saat ini, seolah-olah masyarakat Indonesia berhadap-hadapan terus. Nah, beliau ingin mengakhiri itu dengan cara yang elegan kreatif inovatif. Dan, Alhamdulillah terlihat,” katanya.

Apresiasi Syarikat Islam Jabar
DPW Syarikat Islam Jabar mengapresiasi dukungan terhadap Kang Emil untuk maju di Pilpres 2024. SI Jabar menilai negara saat ini membutuhkan tokoh yang bisa merasakan kegelisahan masyarakat.

“Bukan saja mengapresiasi. Tapi kami sangat mengapresiasi. Karena kondisi negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) membutuhkan anak-anak cerdas untuk memimpin negeri ini,” kata Ketua DPW Syarikat Islam Jabar KH Nandang Koswara.

Nandang berharap gerakan Indonesia juara bisa memberikan jawaban atas kondisi negara. “Istilah orang Sunda mah kehartos (berarti), karawos (dirasakan), dan terbuktos (terbukti). Negara kita membutuhkan suplemen dan nutrisi,” kata Nandang.

Pertemuan Syarikat Islam

Nandang menegaskan Syarikat Islam mendukung tokoh yang memperjuangkan nilai-nilai Islam, Pancasila dan UUD 1945. Syarikat Islam juga menegaskan mendukung anggotanya untuk berpolitik, sesuai dengan regulasi yang ada di dewan pusat.

“Tapi tetap dalam bingkai ini, tidak mengubah dasar negara dan kebhinekaan kita. Agar tak terjadi radikalisme dan terorisme,” kata Nandang.

Nandang mengatakan dukungan untuk Kang Emil mah dalam proses. Menurutnya, yang terpenting adalah menjalin kebersamaan antara organisasinya dan Kang Emil. Syarikat Islam pun menegaskan akan mendukung tokoh yang memperjuangkan masyarakat.

“Keberpihakan masyarakat yang adil dan makmur, dan mengedepankan ekonomi masyarakat dalam bingkai Islam. Kemudian tetap menjaga kelompok minoritas di sini. Tentu visi dan misi Pak Emil didukung. Walau masih dini. Kita tetap memberikan dukungan melalui proses ke depan,” kata Nandang.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *