Kades Sukoharjo Sudah Gaji 4.5 Juta Plus Dapat Motor Nmax

Kepala desa (kades) di Kota Makmur kian gembira. Sebab, Bupati Wardoyo Wijaya menaikkan nominal penghasilan tetap (siltap) kades dan perangkat desa lainnya.

Keputusan tersebut ditetapkan melakukan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 43/2019 tentang Penghasilan Tetap, Tunjangan dan Penerimaan Lain yang Sah bagi kedes di Sukoharjo.

“Dari perbup tersebut siltap kades sebesar Rp 4,5 juta. Dan itu terbesar di Jawa Tengah,” terang Wardoyo dalam sambutan penyerahan kendaraan dinas dan pembinaan Peraturan Perundang-Undangan tentang Desa di Ghara Satya Praja, Kamis (26/9).

Selain kades, siltap sekretaris desa (sekdes) juga naik menjadi Rp 3 juta, dan perangkat desa Rp 2,5 juta. Jumlah tersebut belum termasuk tunjangan siltap kades Rp 1.250.000, carik Rp 850 ribu, dan perangkat desa Rp 700 ribu.

Tidak hanya itu, bupati juga menerangkan ada beberapa tunjangan lain bagi kades dan perangkat desa seperti jasa pengabdian ketika pensiun dan tunjangan hari raya, di mana alokasi anggaran kedua tunjangan tersebut boleh diambilkan dari APBDesa.

“Pemerintah Kabupaten Sukoharjo memutuskan jika itu boleh (beri tunjangan jasa pengabdian pensiun dan hari raya). Dana bersumber dari pendapatan asli daerah. Dan besarannya ditetapkan dalam peraturan desa,” imbuhnya.

Personel Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga tak luput dari pemberian tunjangan. Mengacu Perda Nomor 15/2017 tentang BPD dan Perbup Nomor 44/2018  tentang Juklak Perda No 15 tahun 2017, disebutkan tunjangan bagi Ketua BPD Rp 650 ribu, wakil ketua Rp 600 ribu, sekretaris Rp 550 ribu, kepala bidang Rp 500 ribu, dan anggota Rp 450 ribu.

Di lain sisi, bukan hanya kenaikan nominal siltap, kades juga mendapatkan tunjangan kendaraan dinas berupa Yamaha NMAX yang diserahkan, hari ini (27/9). Camat dan lurah juga kebagian motor dinas baru ini.

“Kalau hanya kades yang dapat (motor), nanti lurah meri (iri), begitu juga camat yang notabene adalah pembina kades/lurah. Jadi total ada 179 unit motor,” terang bupati. Ratusan unit motor tersebut dibagikan kepada 150 kades, 12 camat, dan 17 lurah. Anggaran pengadaan kendaraan dinas tersebut diambilkan dari ABPD Perubahan senilai Rp 4,9 miliar.

Kepala Desa Pucangan, Kartasura Budiyono mengatakan, sebelumnya dia motor dinas yang diberikan pemkab jenis Shooter Suzuki. “Alhamdulillah bisa untukk menambah mudah pelayanan dan pengabdian ke masyarakat,” terangnya.

Ditambahkan Budiyono, siltap kades sebelumnya hanya Rp 3 juta per bulan. Kenaikan siltap maupun tunjangan lainnya akan diberikan Oktober menyesuikan pencairan APBDesa.

sumber berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *