Ketika Mantan Perangkat Desa Menjadi Bupati Kulonprogo

Yogyakarta – Sutedjo (65) kini resmi menjadi Bupati Kulon Progo tahun 2019-2022. Birokrat yang meniti karier dari perangkat desa itu menjabat bupati setelah jabatan itu ditinggalkan oleh Hasto Wardoyo, yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Kepala BKKBN.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, alumnus Fisipol UGM itu memang meniti karier dari bawah hingga kini berhasil menjabat bupati. Ia memulai karier dengan menjadi staf atau pembantu Sekretaris Desa Wijimulyo pada 1974-1976.

Selanjutnya Tedjo, panggilan akrab Sutedjo, terpilih menjadi Kepala Desa Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo, pada 1976-1988. Rupa-rupanya, setelah tak lagi menjabat kades, karier Tedjo kian melambung dan menduduki jabatan penting di Pemkab Kulon Progo.

Baca juga : Pastikan Kenaikan Siltap DPMD DeliSerdang Minta Perangkat Desa Makin Disiplin

Di Pemkab, Tedjo menjabat Kasubag Perangkat dan Administrasi Desa Setda Kulon Progo tahun 1991-1993. Lalu ia menjadi Sekretaris Camat Sentolo pada 1993-1996, Camat Temon 1996-2001, Kabag Pemerintahan Desa Kulon Progo pada 2001-2006.

Kemudian Tedjo menjadi Asisten Sekda Bidang I Pemerintahan dan Kesra Kulon Progo periode 2006-2011. Hingga akhirnya ia berhasil menduduki jabatan Wakil Bupati Kulon Progo 2011-2019, dan kini dilantik menjadi Bupati Kulon Progo 2019-2022.

“Saya tahu mengenai problematika di desa karena saya menjadi pembantu carik dua tahun, menjadi kepala desa 12 tahun, kemudian saya menjadi camat lima tahun, kabag pemdes lima tahun, Asek 1 lima tahun,” ujar Tedjo di Kepatihan, Kamis (7/11/2019).

“Persoalan-persoalan pemerintahan, khususnya di pemerintahan desa (di Kabupaten Kulon Progo), itu saya paham, sehingga tentu komitmennya ya pastilah untuk memberikan apa yang terbaik untuk desa, pemerintah desa,” sambung Tedjo.

Baca juga : Pemkab Ponorogo Anggarkan Rp. 50 M Khusus Untuk Perangkat Desa

Sementara itu, eks Bupati Kulon Progo yang kini menjabat Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, juga sempat menyinggung karier Tedjo sebelum menjadi bupati. Menilik karier Tedjo, Hasto yakin penggantinya itu bisa menjalankan pemerintahan di Kulon Progo dengan baik.

“Pak Tedjo saya yakin mampu (menyelesaikan berbagai persoalan di Kulon Progo). Karena beliau sudah pernah menjadi (pembantu) carik, menjadi kepala desa, menjadi camat, menjadi kepala dinas, asda, wakil bupati, sampai bupati, luar biasa,” tutur Hasto.

sumber berita

Berita terkait :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *