Minimal Harus Lulusan SMA/Sederajat Untuk Perangkat Desa

Bengkulu. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lebong nomor 10 tahun 2017 tentang Perangkat Desa, mulai tahun 2020, bagi masyarakat yang ingin menjadi perangkat desa atau sejenisnya di wilayah Kabupaten Lebong harus memiliki ijazah minimal sekolah menegah atas (SMA) sederajat. Hal ini tidak ditepis kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Des dan Sosial, Reko Haryanto ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (9/1) siang.

“Akan menyesuaikan karena peraturan daerah di Lebong sudah diatur tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa,” jelas Reko sapaan akrabnya.

Selain itu, aturan itu juga tertuang dalam Peraturan Mendagri RI Nomor 67 tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perubahan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Menurutnya, 93 desa di daerah itu agar menerapkan aturan tersebut. Bahkan, ia berharap pedoman persyaratan pengangkatan desa ini agar diawasi bersama.

“Aturannya sudah jelas. Artinya, aturan ini menjadi catatan bagi kades untuk dipedomani dalam pelaksanaanya termasuk syarat lain bukan hanya pendidikan. Dan kita harus awasi bersama dalam pelaksanannya di desa di wilayah Lebong,” demikian Reko.

sumber berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *