Mukernas PPDI Untuk Merumuskan Perjuangan Untuk Memperkuat Posisi Perangkat Desa

Jakarta – Pengurus Pusat (PP) PPDI menyerukan kepada seluruh tataran kepengurusan di daerah untuk menyiapkan diri dalam rangka menyambut Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas), yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Seiring dengan telah dilantiknya anggota DPR RI beberapa hari yang lalu, PP PPDI melalui Sekjen Sarjoko, S.H menyampaikan himbauan kepada anggota PPDI agar dapat bersinergi dengan wakil rakyat yang berada di wilayah kerjanya.

Baca juga :Segera ! Klarifikasi Bupati Karawang Di Tunggu Dirjen Bina Pemerintah Desa

“ Hal tersebut menjadi penting karena PPDI berkeinginan agar ada revisi terhadap UU Desa, terutama terkait pasal yang mengatur tentang perangkat desa,” ujar Mas Joko.

 “ Posisi perangkat desa ini sangat rawan terutama setelah proses pilkades di desanya,” lanjutnya. “ Masih banyak kasus-kasus pemberhentian perangkat desa karena perbedaan pilihan disaat pilkades berlangsung.”

Keinginan tersebut sempat dikonsultasikan dan mendapat tanggapan positip dalam pertemuan PP PPDI dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa pada pertengahan bulan September kemarin, dan hal tersebut harus segera dikonsepkan secara bersama-sama untuk menjadi program kerja PPDI kedepan.

PP PPDI menghadap Dirjen Bina Pemerintahan Desa

Selain itu didalam pelaksanaan Mukernas nanti diharapkan bisa jadi sebagai sarana melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja PPDI secara keseluruhan baik secara internal maupun eksternal.

“ Dengan melihat semakin berkembangnya PPDI di daerah-daerah, PP berharap kehadiran rekan-rekan yang baru terbentuk kepengurusan seperti dari Sumatera Barat, Cianjur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan beberapa wilayah di Sulawesi untuk bisa hadir secara langsung dalam Mukernas nanti, ini menjadi penting sebagai bagian dari penyampaian dan penyamaan visi dan misi dari organisasi kedepannya,” pungkas Mas Joko.

Berita terkait :

3 komentar untuk “Mukernas PPDI Untuk Merumuskan Perjuangan Untuk Memperkuat Posisi Perangkat Desa”

  1. Perubahan UU DESA memang sangatlah perlu karena banyak hal yang kurang relevan lagi dengan kondisi di Desa sekarang, tapi jika sebelum revisi sebaiknya di adakan dialok khusus perangkat desa ( bukan kepala desa ) sebagai perwakilan.

  2. Bagaimana kalau kades terpilih memaksa perangkatnya mengundurkan diri dan masih memaksakan mengangkat perangkat baru tanpa kordinasi lagi atau perangkat lama tidak tau menau alasan yg jelas.dan mereka memecat mereka karna tidak mendukung d waktu pilkades.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *