Pelantikan Kades Terpilih di Kabupaten Ngawi Oktober 2019

Ngawi – Para Kepala Desa Terpilih di Kabupaten Ngawi bisa bernafas lega karena pada bulan depan yaitu bulan Oktober 2019 mereka bakal di lantik menjadi Kepala Desa, Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi Kabul Tunggul Winarno di kantornya. Pada saat itu juga mengungkapkan bahwa dari total 178 desa yang melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada Bulan Juni 2019 lalu, sebagian desa masih dijabat kepala desa lama.

Berdasarkan data di DPMD masa jabatan beberapa Kepala Desa berakhir pada Bulan Oktober sehingga pelaksanaan pelantikan Kepala Desa belum bisa dilaksanakan saat ini. Menurut Pak Kabul, Selain itu menurut petunjuk dari Bupati Ngawi menghendaki untuk pelantikan Kepala Desa dilakukan bersama sehingga untuk habis masa jabatannya juga bareng.

Selama ini setiap Kepala Desa di Kabupaten Ngawi memiliki masa jabatan yang berbeda beda sehingga untuk melaksanakan Pilkades serentak masih membutuhkan proses. Sesuai dengan aturan yang ada dilakukan Pemilihan Kepala Desa secara serentak, baik satu ataupun dua gelombang pilkades.

Meski kepastian waktu pelaksanaan pelantikan Kepala Desa terpilih belum disosialisasikan semua persyaratan administrasi sudah mulai disiapkan dari sekarang, baik SK maupun syarat lainnya.Dengan adanya pelantikan Kepala Desa secara serentak membuat desa desa beberapa bulan diisi oleh Penjabat Kepala Desa (Pj), namun dipastikan hal ini tidak mengganggu jalannya pemerintahan di desa.

Penjabat Kepala Desa dan Perangkat Desa yang ada di desa tetap melakukan tugas dan fungsinya walaupun Kepala Desa dijabat oleh Pj. Perangkat Desa tetap melayani kebutuhan masyarakat baik yang terkait dengan surat menyurat maupun keperluan lain tetap jalan dan tidak terganggu walaupun jabatan Kepala Desa dijabat oleh Penjabat Kepala Desa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *