Perangkat Desa Mukomuko Wajib Salurkan Dana Desa Akhir September

Mukomuko – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan semua desa di daerah itu mengajukan penyaluran dana desa tahap ketiga sebesar 40 persen pada akhir September 2019.

“Pengajuan persyaratan untuk penyaluran dana desa tahap ketiga di akhir bulan September tahun ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Ia memastikan, semua desa di daerah ini sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan penyaluran dana desa tahap ketiga seperti penyerapan tahap pertama dan kedua minimal sebesar 75 persen.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan konsolidasi terkait dengan realisasi kegiatan fisik dan nonfisik yang menggunakan dana desa di seluruh desa yang tersebar di daerah ini dua minggu yang lalu.

Ia menyatakan, berdasarkan laporan dari desa di daerah ini, kegiatan pembangunan fisik di mayoritas desa dari sebanyak 148 desa di daerah ini sudah mencapai lebih dari sebesar 75 persen, bahkan ada pengerjaan pembangunan fisik di desa yang telah selesai 100 persen.

“Tidak ada lagi pengerjaan pembangunan fisik di desa daerah ini yang kurang dari 50 persen, semuanya lebih dari itu sehingga desa ini memenuhi syarat untuk mengajukan penyaluran dana desa tahap selanjutnya,” ujarnya pula.

Selanjutnya ia mengajak, seluruh desa di daerah ini untuk sama-sama menyiapkan dokumen dan berkas laporan pengajuan penyaluran dana desa tahap ketiga sebesar 40 persen.

Ia meminta, desa menyiapkan laporan realisasi dan pencapaian dana desa tahap satu dan dua yang menjadi dasar bagi instansi ini dalam mengusulkan penyaluran dana desa tahap ketiga dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Tahun 2019, Pemerintah Pusat mengalokasikan penyaluran dana desa total Rp124 miliar untuk 148 desa di Kabupaten Mukomuko, lebih banyak ketimbang alokasi untuk tahun sebelumnya sekitar Rp106 miliar.

sumber berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *