Perjuangkan Perangkat Desa, Pembahasan Alot Di Rapat Komisi




Pekalongan (13/09/2020) – Gelaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang berjalan selama 2 hari Jum’at-Sabtu (11-12/09/2020), berjalan dengan sukses dan lancar.

Hal ini tentu sesuai dengan harapan semua pihak, baik itu Pengurus Pusat PPDI, peserta rapimnas dari berbagai daerah maupun seluruh anggota PPDI yang ada diseluruh penjuru Indonesia.




Acara yang berlangsung di Hotel Nirwana Pekalongan ini, dihadiri utusan daerah dari 18 Propinsi meliputi, Sumatera (7 perwakilan propinsi), Jawa ( 5 propinsi), Bali, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan (2 propinsi), dan perwakilan dari beberapa kabupaten di Jawa Tengah.

Pembahasan di rapat komisi

Agenda hari pertama Jum’at (11/09/2020) malam, dilaksanakan rapat komisi yang dipandu oleh Sekretaris Jenderal PPDI, Sarjoko,S.H.  Terdapat 2 komisi dalam rapat tersebut yang membahas terkait program kerja PPDI dan pembahasan seputar pelaksanaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PPDI.

Diskusi cukup alot berlangsung di komisi yang mengambil tema pembahasan program kerja PPDI, baik yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan. Mengingat banyaknya aspirasi-aspirasi yang dibawa peserta dari berbagai daerah.



Rapat komisi yang dipandu oleh Abdul Aziz dari Purworejo dan Kasmani dari Ponorogo ini, tercatat membahas beberapa hal diantaranya, belum efisiennya surat edaran Kementerian Dalam Negeri tentang pemberhentian tanpa prosedural yang dialami perangkat desa. Kemudian masih adanya daerah yang belum melaksanakan Peraturan Presiden No 11 tahun 2019 tentang pendagapat tetap perangkat desa yang disesuaikan dengan gaji PNS golongan 2 A.

Sementara itu, Komisi yang membahas seputar pelaksanaan AD/ART PPDI dipandu langsung oleh Sarjoko, S.H selaku Sekjen PPDI bersama Fathur Rofiq dari Wonosobo. Rapat komisi ini mempertegas aturan organisasi sebagaimana diatur dalam AD/ART PPDI. Pelaksanaan AD/ART PPDI menjadi sorotan khusus dalam komisi ini, mengingat belum optimalnya didaerah-daerah.




Adapun hasil pembahasan dari rapat komisi ini kemudian dijadikan resume yang akan disampaikan baik secara langsung ke Kementerian Dalam Negeri, maupun disampaikan melalui video konferensi dengan aplikasi zoom meeting pada acara Pembukaan Rapimnas hari Sabtu (12/09/2020) siang.



Hari pertama rapimnas PPDI

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *