Perlunya Peningkatan Kesejahteraan, Hendra Pinta Perangkat Desa Jangan Seperti Ayam Mati Di Lumbung Padi




SERANG – Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Serang 2020-2025 di Hotel Swisbel Inn Cikande, Kabupaten Serang, Senin (30/11/2020).

Acara yang dihadiri juga oleh Kepala DPMD Seran mewakili Pjs Bupati, Sekbid Kominfo PPDI yang mewakili Ketua Umum PPDI dan beberapa tamu undangan lainnya ini, sebagai tindaklanjut dari proses regenerasi kepengurusan yang telah berjalan beberapa saat.

Ketua PPDI Kabupaten Serang Hendra Saputra mengatakan tugas, fungsi dan tanggung jawab para perangkat desa, tidak bisa dianggap remeh atau dipandang sebelah mata.



“Kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa tidak terlepas dari peran penting para perangkat desa,” ungkap Hendra yang juga Sekretaris Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa.

“ Perangkat Desa ibarat ayam yang mati dilumbung padi, pada saat ratusan juta bahkan milyaran dana desa yang masuk ke desa, kesejahteraan perangkat desa belumlah terangkat secara maksimal,” lanjutnya. “ Hal ini ditambah dengan adanya potensi pemberhentian perangkat desa di Kabupaten Serang setelah proses pilkades berlangsung”.

Untuk itu dalam sambutannya setelah terlantik, Hendra meminta ketegasan dan kepedulian dari pemangku kebijakan terhadap nasib perangkat desa.

“ Karena perangkat desa merupakan jantung pelayanan di desa, untuk itu saya menghimbau bagi perangkat desa Serang anggota PPDI untuk istiqomah dibawah satu komando dalam perjuangan kesejahteraan perangkat desa, “ ujarnya menutup sambutan.




Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy menyampaikan apresiasi yang positip dengan pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan kepegurusan PPDI Serang ini.

“Di tengah pandemi Covid 19, saya berharap PPDI Kabupaten Serang dan segenap perangkat desa mengelola Dana Desa dengan pola Padat Karya Tunai Desa (PKTD), melalui pengelolaan secara swakelola, serta pendayagunaan sumber daya alam, teknologi tepat guna, inovasi dan sumber daya manusia desa,” kata Wagub melalui siaran tertulis.

Wagub Banten, Andika Hazrumy

Wagub mengungkapkan, pada tahun 2020, Pemerintah Provinsi Banten mengalokasikan bantuan keuangan kepada 1.238 pemerintahan desa dengan nilai sebesar Rp 61,9 miliar dimana alokasi bantuan keuangan desa di Kabupaten Serang sendiri mencapai Rp 16,30 miliar.

“Bantuan Keuangan Desa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Banten bersifat komplementer sedangkan sumber utama dan terbesarnya adalah Dana Desa yang bersumber dari APBN,” imbuhnya.



Lebih jauh wagub meminta bantuan keuangan desa Pemerintah Provinsi Banten diprioritas pada beberapa bidang prioritas, khususnya bidang pendidikan dan kesehatan dengan program kolaborasi membangun desa di antara perangkat desa bersama pondok pesantren dan perguruan tinggi.

“Melalui program kuliah kerja nyata serta penyediaan tenaga kesehatan di desa diperlukan untuk pembangunan sumber daya manusia,” imbuhnya.

Selain itu, kata wagub, pembangunan prasarana perhubungan, seperti fasilitas jalan guna mendorong proses perdagangan antar daerah agar menjadi prioritas.

“Dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui program kemitraan juga

dapat dilakukan melalui kemitraan dengan industri melalui program corporate social responsibility (CSR),” ujarnya.



Dalam sambutan Pjs Bupati Serang yang dibacakan oleh Kepala PMD, Drs Rudi Suhartanto menekankan pentingnya peran kehadiran PPDI sebagai organisasi perangkat desa.

“ Organisasi ini harus bisa menghadirkan peran aktip yang positip bagi perangkat desa di Kabupaten Serang sendiri,”ungkap beliau disela-sela acara pelantikan.

“ Tidak lupa, Pemerintah Kabpuaten Serang mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan (Pengkab PPDI Serang) periode sebelumnya, atas kerjasama yang telah tercipta selama ini,’pungkas KepalaDPMD.



2 komentar untuk “Perlunya Peningkatan Kesejahteraan, Hendra Pinta Perangkat Desa Jangan Seperti Ayam Mati Di Lumbung Padi”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *