Pilkades Semarang Dapat Tambahan Rp. 20 Juta Tiap Desa

SEMARANG – Pada pengesahan Anggaran Perubahan 2019 Kabupaten Semarang, bagi desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) mendapat kenaikan jatah biaya dari APBD 2019 dari Rp 45 juta. Biaya ini naik Rp 20 juta dari alokasi anggaran yang ditetapkan pada Penetapan APBD 2019 lalu sebesar Rp 25 juta per desa.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang, Aris Setyawan kepada KRJogja.com, mengatakan perubahan bantuan biaya dari Pemkab Semarang dilakukan setelah usulan RAPBD Perubahan 2019 disetujui oleh DPRD Kabupaten Semarang.

“Memang awalnya pada penetapan APBD 2019 Rp 25 juta per desa, namun dalam penetapan Anggaran Perubahan 2019 ini ditambahi Rp 20 juta per desa, sehingga biaya dari pemerintaha daerah menjadi Rp 45 juta per desa,” tandas Aris Setyawan, Selasa (1/10/2019).

Diketahui, proses tahapan pelaksanaan Pilkades serentak 2019 Kabupaten Semarang,  saat ini sudah memasuki tahapan pencalonan dengan jumlah yang melaksanakan pilkades, sebanyak 44 desa.

Penetapan calon kepala desa yang lulus syarat administrasi dijadwalkan pada 4 Oktober 2019. Jumlah bakal calon kades tiap desa minimal dua orang dan maksimal lima orang.

“Laporan pendaftaran bakal calon kades di 44 desa secara keseluruhan sudah mendapatkan bakal calon kades minimal dua dan maksimal lima. Sehingga tidak perlu ada seleksi tambahan bagi bakal calon lebih dari lima orang,” jelas Aris Setyawan.

sumber berita

Berita terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *