Rasakan Beban Kerja Perangkat Desa, Bupati Ponorogo Naikkan Tunjangan 3 Kali Lipat

PONOROGO – Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni akan menaikkan tunjangan kepala desa dan perangkat desa tiga kali lipat dari yang diterima sekarang. Demikian dikatakannya di depan 303 Kepala Desa se-Ponorogo, pada acara sosialisasi Pendampingan Perencanaan dan Pengannggaran Kabupaten Ponorogo, Rabu, (6/11/2019), di Aula Gedung Bappeda Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Menurut Ipong, berdasarkan PP Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, bahwa Kepala Desa dan perangkat desa memiliki hak keuangan yang dibayarkan setiap bulan berupa penghasilan tetap (Siltap) dan tunjangan.

Berita terkait : Siltap Perangkat Desa Pangandaran Naik Di 2020

Menaikkan tunjangan untuk kepala desa dan perangkat desa betujuan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan pemerintahan desa, “Kami memandang perlu memperhatikan  kesejahteraannkepala desa, sekretaris desa,  dan perangkat desa lainnya dengan menaikkan tunjangannya,” ucap Ipong.

Bupati Ipong juga menjelaskan bahwa tugas kepala desa dan perangkat desa tidak gampang, mereka bertanggung jawab menjalankan pemerintahan di desa. “Jadi, ibaratnya tugas mereka sama pentingnya sebagai kepala pemerintahan, hanya saja lingkupnya kecil, di desa,” jelasnya.

Kepala desa memiliki tanggung jawab untuk memajukan desanya, mereka juga dituntut mengelola keuangan desa yang bersumber dari dana desa yang diberikan oleh pemerintah daerah.

Baca juga : Pastikan Kenaikan Siltap DPMD DeliSerdang Minta Perangkat Desa Makin Disiplin

“Karena itu agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, mereka mendapatkan gaji dan tunjangan layaknya pejabat pemerintah lainnya, meski besarannya gak besar-besar banget, dan mereka juga akan saya beri sepeda motor untuk operasionalnya di desa,” pungkas Ipong.

Sosialisasi Pendampingan Perencanaan dan Penganggaran Pemkab Ponorogo, selain dihadiri Bupati Ponorogo, juga hadir jajaran Forkopimda Ponorogo, Camat se Ponorogo dan 303 kepala desa yang ada di Ponorogo.

sumber berita

Berita terkait :

1 komentar untuk “Rasakan Beban Kerja Perangkat Desa, Bupati Ponorogo Naikkan Tunjangan 3 Kali Lipat”

  1. Alhamdulillah ucap syukur kepada Allah Tuhan pemberi segalanya, terimakasih kepada bpk Ipong Bupati Ponorogo atas segala perhatian kepada Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Perangkat Desa lainnya, dengan menaikkan Tunjangan demi menambah kesejahteraan kami sebagai Perangkat Desa,.moga menjadikan kami2 pengabdi masyarakat lebih disiplin, lebih baik dan lebih tenang dalam hal pelayanan terhadap masyarakat,.semoga bapak Ipong selalu sehat, dan awet dalam memimpin Ponorogo, sehingga Ponorogo lebih maju, lebih baik lebih sukses,.Aamiin,.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *