Samin, Purna Tugasnya Sang Pejuang PPDI

Karangsambung –  Bertempat di Balai Desa Widoro Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen, Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Karangsambung bekerja sama dengan Pemerintah Desa Widoro melaksanakan acara Penyerahan Tali Asih untuk Perangkat Desa Widoro yang telah purna tugas.  Acara dihadiri oleh Ketua PPDI Kabupaten Kebumen (Suhardi), Wakil Ketua 3 PPDI Kabupaten Kebumen (Ruri Suradi), Sekretaris PPDI Kabupaten Kebumen (Teguh Priyatno), Ketua PPDI Kecamatan Karangsambung (Renggo Suripto), Serta Perwakilan Perangkat Desa di Wilayah Kecamatan Karangsambung.

Samin (60),  adalah laki-laki kelahiran Purworejo tanggal 10 September 1959, akrab dipanggil oleh rekan-rekan perangkat desa di Kecamatan Karangsambung.  Beliau mulai mengabdi di Pemerintah Desa Widoro berdasarkan SK Camat Nomor 141/01/1994  tertanggal 9 Februari 1994 dengan Jabatan sebagai Kepala Urusan Pemerintahan. Kemudian sejak tanggal 12 Januari 2018, beliau menjabat sebagai Kasi Pemerintahan berdasarkan SK Kepala Desa Nomor 141/11 Tahun 2018.  Selain merupakan salah satu personil dalam Kepengurusan PPDI Kabupaten Kebumen Periode 2010 – 2015,  beliau adalah pelopor berdirinya PPDI dan sekaligus sebagai Ketua PPDI Kecamatan Karangsambung Periode 2010 – 2015.

Suasana penyerahan tali asih untuk Bp. Samin

Acara penyerahan tali asih diawali oleh Sambutan dari Kepala Desa Widoro (Ahmad Sodiq). Disampaikan oleh beliau, bahwa Bapak Samin telah berakhir masa jabatannya sebagai perangkat desa sejak tanggal 10 September 2019.  Kepala Desa mengucapakan terima  kasih atas jasa-jasa dan pengabdian yang telah dilakukan oleh bapak samin sebagai perangkat desa widoro dengan penuh dedikasi dan loyalitas telah melaksanakan kewajiban dan tanggungjawabnya sebagai perangkat desa kurang lebih selama 25 Tahun.  Bapak Ahmad Sodiq juga  menyampaikan permohonan maaf apabila selama menjabat sebagai perangkat desa,  dari Pihak Pemerintah Desa maupun masyarakat desa banyak memiliki kekurangan dan melakukan kesalahan kepada beliau.

Sambutan berikutnya adalah dari Ketua PPDI Kecamatan Karangsambung (Renggo Suripto), beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Samin, karena atas jasa beliau di Wilayah Kecamatan Karangsambung berdiri Kepengurusan PPDI yang semakin mempererat persatuan serta jalinan silaturahmi perangkat desa di kecamatan Karangsambung. Disampaikan pula bahwa bapak samin adalah seorang Pejuang bagi rekan-rekan Perangkat Desa di Kabupaten Kebumen, namun demikian beliau tidak bisa menikmati hasil perjuangan yang telah dilakukannya bersama-sama dengan rekan-rekan perangkat desa yang lainnya dikarenakan masa jabatannya yang telah berakhir.

Ketua PPDI Kab Kebumen Suhardi menyalami Samin

Dalam acara tersebut,  Bapak Suhardi selaku Ketua PPDI Kabupaten Kebumen menyampaikan tentang kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa dan Peringkat Desa. Disampaikan bahwa,  sampai saat ini masih banyak perangkat desa di Kabupaten Kebumen yang belum terdaftar sebagi peserta BPJS Ketenagakerjaan,  padahal hal tersebut sudah diatur dalam peraturan bupati sehingga pemerintah desa secara sah dapat menganggarkannya melalui APBDesa sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta kemampuan APBDesa.  Termasuk pula bapak Samin, beliau juga belum terdaftar sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan,  tentunya hal tersebut sangat disayangkan dikarenakan setelah purna tugas tidak dapat memperoleh manfaat Jaminan Hari Tua maupun Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan.  Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada bapak Samin yang telah memberikan banyak hal sehingga dapat terbentuk Kepengurusan PPDI,  Khususnya di Wilayah Kecamatan Karangsambung,  dan Kabupaten Kebumen pada Umumnya.

Sebelum dilaksanakan Pemberian Tali Asih oleh Ketua PPDI Kecamatan Karangsambung,  Bapak Samin menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf beliau kepada Pemerintah Desa Widoro dan seluruh masyarakat desa apabila dalam melaksanakan tugas dan kewajiban selama menjabat sebagai perangkat desa telah banyak melakukan kekhilafan dan kesalahan.  Permintaan maaf juga beliau sampaikan kepada seluruh Pengurus PPDI Kecamatan Karangsambung maupun Pengurus PPDI Kabupaten Kebumen. Pesan beliau kepada rekan-rekan perangkat desa khususnya di Kecamatan Karangsambung untuk senantiasa menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan agar PPDI tetap Solid bersama-sama berjuang meningkatkan Kesejahteraan Aparatur Pemerintah Desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan desa.  Kemudian acara ditutup dengan bacaan do’a serta jabatan tangan dari seluruh peserta yang hadir. (Ruri Suradi)

1 komentar untuk “Samin, Purna Tugasnya Sang Pejuang PPDI”

  1. Apabila Purna tugas, sebagai Perangkat Desa sampai, apakah yg bersangkutan mendapatkan Uang Tolak/Dana Purna tugas, jika ia, dari mana sumber dana nya. Dum

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *