Sekjen PPDI : Jangan Selalu Menyalahkan Perangkat Desa Dalam Setiap Penyaluran Program Bantuan

Magelang – Menanggapi pernyataan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam dalam konferensi pers “BLT Dana Desa” secara virtual, Senin 27 April 2020, Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) melalui Sekjen, Sarjoko, mengeluarkan pernyataan sikapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terkait pendataan orang miskin diserahkan sepenuhnya ke desa dan Kementerian hanya memberi arahan dari skala penggunaan dana desa supaya sesuai kebijakan pembangunan nasional, menanggapi hal tersebut berikut press release resmi dari PPDI.

Dampak pandemik Covid 19 di desa sungguh terasa dampaknya, pemerintah desa disibukan dengan serangkaian tindakan pencegahan corona virus disease 19, dengan pengalaman yang minim Kepala Desa dan Perangkat Desa terjun langsung mendata warga yang dianggap OPD ( Orang dalam Pemantauan ) dan ODR ( orang dalam resiko ) yaitu itu orang-orang yang berhubungan dengan PDP, tanpa dibekali Alat Pelingung Diri dan mengetahuan yang minim mereka bekerja mendata warga terdampak.

Tidak hanya itu Kepala Desa dan perangkat Desa diminta dari berbagi instansi untuk mendata warga terdampak covid 19, para pekerja, buruh yang diPHK, mereka yang kehilangan mata pencaharian dll. bukan persoalan yang mudah bagi pemerintah Desa untuk mendata warganya dlm waktu yang singkat, bukan soal tidak punya data tetapi adalah soal siapa yang dapat, siapa yang tidak dapat, soal ketepatan dan ketelitian agar benar -benar tepat sasaran.

Karena begitu Dana cair dapat dipastikan akan menimbulkan kesenjangan sosial ( dalam bahasa Jawa Meri ) oleh karena itu menurut hemat kami, agar Desa diberi otoritas dan waktu yang cukup untuk mendata warganya yang terdampat Covid 19, dengan melibatkan RT/Rw setempat, hal ini dimaksudkan agar dapat tersebut valid dan dikemudian hari Perangkat Desa yang mendata tidak disalahkan.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen PPDI disela-sela kesibukkannya ikut memverifikasi data penduduk penerima bantuan dampak dari pandemi corona,

” Harapannya, perangkat desa tidak selalu menjadi sasaran cemohan masyarakat dengan alasan bantuan tidak tepat sasaran,” lanjut Sarjoko.

1 komentar untuk “Sekjen PPDI : Jangan Selalu Menyalahkan Perangkat Desa Dalam Setiap Penyaluran Program Bantuan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *