Selamat ! Siltap Perangkat Desa Ciamis Cair Tiap Bulan




Ciamis –  Rasa syukur dipanjatkan ribuan perangkat desa Ciamis yang tergabung  PPDI, setelah penghasilan tetap (siltap) diterima diawal bulan sebelum tanggal 10, mulai tahun ini.

Hal ini tampak dalam video singkat  yang sempat viral dikalangan perangkat desa Kabupaten Ciamis, dimana salah satu perangkat Desa Sukajadi, Pamarican, Cimasi, tampak menggunduli rambutnya sebagai rasa syukur siltap dapat diterima pada bulan Januari ini.



Kebijakan bupati Ciamis ini merupakan langkah luar biasa dan dapat dikatakan sebagai yang pertama di Indonesia, setelah tahun kemaren menjadi Kabupaten pertama yang memberlakukan PP No 11 tahun 2019, tentang penghasilan tetap bagi perangkat desa, giliran tahun ini menjadi Kabupaten pertama juga yang memberikan siltap sebelum tanggal 10 tiap awal bulan.

“ Hal ini merupakan hasil dari komunikasi yang terjalin cukup harmonis antara PPDI dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis,” ujar Ahmad Himawan, Sekretaris PPDI Kab. Ciamis yang dihubungi melalui sambungan seluler.

Kang Ahim, Sekkab PPDI Ciamis

“ Setelah pelaksanaan PP No 11 Tahun 2019, pada bulan September 2019 kemaren, dalam acara ngopi bersama Bupati Ciamis, beliau berjanji akan mencairkan siltap perangkat desa di bulan Januari 2020,” lanjut Ahim, sapaan akrabnya, “ Dan ini beliau realisasikan di Januari tahun 2021 ini.”

Hal senada juga diungkapkan Rismayanti, salah satu perangkat Desa Cimaragas ketika mendapatkan siltapnya diterima pada bulan Januari ini.

“ Alhamdulillah, seneng banget, apalgi momentnya tepat mau bayar UAS,” kata Risma kepada Puskominfo. “ Setelah bertahun-tahun menjadi perangkat desa, Alhamdulillah baru sekarang bisa merasakan gajian tiap bulan”.



 Siltap Kepala Desa di Kabupaten Ciamis sendiri sekarang ini sudah tembus di angka Rp. 3.250.000,00. Untuk Sekretaris Desa di angka Rp. 2.450.000,00. Dan untuk Kaur/ Kasi dan Kepala Dusun di angka Rp. 2.022.200,00. 

PPDI sebagai organisasi perangkat desa di Ciamis tentu berharap dengan kebijakan Bupati ini diimbangi dengan peningkatan profesionalitas kerja dari perangkat desa sebagai pelayan masyarakat. 

Video cukur gundul bisa disimak disini :



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *