Sepekan Tanpa Kades, Desa Papungan Ngawi Kesulitan Cairkan ADD dan DD

Kekosongan pemimpin di Pemerintahan Desa (Pemdes) Papungan Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, berdampak pada proses pembangunan yang dianggarkan melalui PAD Desa.

Saat ini, Pemerintahan Desa Papungan telah sepekan dipimpin oleh Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan. Hal ini disebabkan kades yang sebelumnya telah habis masa baktinya. Sedangkan sekretaris desa (Sekdes) yang seharusnya sebagai Pelaksana Tugas (plt) juga telah pensiun.

Agar pemerintahan tetap berjalan, Sekcam Pitu ditunjuk sebagai Pj Kepala Desa Papungan. Namun baru beberapa hari melaksanakan tugas sebagai Pj Kades Papungan, Sekcam yang ditunjuk juga mengajukan cuti hingga akhir pensiun lantaran menderita sakit gagal ginjal.

“Saat ini kepemimpinan Desa Papungan sedang kosong, dan saya hanya menghandel proses administrasi yang dibutuhkan warga,” jelas Kaur Pemerintahan Desa Papungan Danang Iswahyu Dwiyono saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Menurut keterangan Danang yang telah menjabat selama empat tahun tersebut, dia telah menyurati BPD untuk mengajukan penunjukan kembali Pj Kades. Namun surat tersebut belum ditindaklanjuti karena Bupati Ngawi sedang tidak berada di tempat.

Tidak adanya Pj Kades membuat pencairan dana ADD maupun DD, serta pembagian hasil pajak tidak dapat dilakukan. “Mau gimana lagi, keadaannya begini, kalau urusan sebatas masalah KK atau KTP saya masih bisa menyelesaikan,” terangnya.

Ia berharap Pemerintahan Desa Papungan dapat segera berjalan normal. Namun, pelantikan kepala desa terpilih diperkirakan baru digelar bulan Oktober mendatang.

sumber berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *