Sosialisasi BPJS Naker Untuk Perangkat Desa Kebumen

Kebumen (5/9/2019), BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pembantu Kebumen bekerjasama dengan Persatuan Perangkat Desa Indonesi (PPDI) Kabupaten Kebumen melaksanakan Kegiatan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan untuk Sektor Aparatur Pemerintah Desa (Kepala Desa dan Perangkat Desa),  khususnya bagi Desa-desa yang saat ini belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam waktu 2 (dua) hari dibagi untuk wilayah kebumen barat dan kebumen timur. 

Kegiatan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan hari pertama dilaksanakan di Ruang Jatijajar Hotel Candisari Karanganyar yang dilaksanakan pada hari ini Kamis tanggal 5 September 2019 dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilacap (Bpk Jejen), Kepala BPJS KCP Kebumen (Aam Cahyono), Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan (Bpk M Aditya Warman, MBA), Dispermades P3A Kabupaten Kebumen (Ibu Herlina Januarita), Ketua PPDI Kabupaten Kebumen (Suhardi), Pengurus PPDI Kabupaten Kebumen, Kepala Desa dan Ketua PPDI Kecamatan yang berada di Wilayah Kebumen Barat,  meliputi Kecamatan Ayah, Buayan, Puring,  Petanahan, Klirong, Kuwarasan, Rowokele, Sempor,  Gombong, Karanganyar, dan Karanggayam.  

Ketua PPDI Kebumen Suhardi memberikan sambutan

Acara Sosialisasi dibuka oleh bapak Jejen selaku Kepala Kantor BPJS Cabang Cilacap dan sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya, bapak jejen menyampaikan tentang filosofi BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Bahwa Jaminan sosial pada Hakikatnya merupakan hak asasi manusia, sehingga seluruh warga Negara berhak untuk mendapatkan perlindungan Jaminan Sosial. Tujuan Jaminan Sosial adalah untuk memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup layak bagi setiap peserta dan anggota keluarganya serta memberi kepastian perlindungan, bila terjadi hal-hal yg mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan karena sakit, kecelakaan, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut/  pensiun.

Selanjutnya, disampaikan oleh Dispermades P3A Kabupaten Kebumen dalam hal ini diwakili oleh Ibu Herlina Januarita, disampaikan oleh beliau bahwa Pemerintah Kabupaten Kebumen telah mengakomodir terkait Tunjangan Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kabupaten Kebumen.  Hal itu diatur dalam Peraturan Bupati Kebumen Nomor 7 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Kebumen Nomor 14 Tahun 2016  tentang Besaran Penghasilan Tetap, Tunjangan, Tambahan Tunjangan, dan Pendapatan Lainnya yang Sah bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa. 

Dalam Peraturan Bupati tersebut disebutkan bahwa Kepala Desa dan Perangkat Desa berhak mendapatkan Tunjangan, salah satunya adalah Tunjangan Ketenagakerjaan. Kemudian dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 juga disebutkan bahwa Pemerintah Desa dapat menganggarkan  Belanja Pegawai dalam APBDesa yang digunakan untuk pembayaran Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Foto bersama seusai acara

Selain itu, dalam acara Sosialisasi tersebut, Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kebumen (Suhardi) menegaskan dan menyampaikan himbauan kepada seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa yang ada di Kebumen agar jangan ragu-ragu lagi untuk mendaftarkan diri sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan, dikarenakan sudah ada legalitas dan paying hukum jelas yang mengatur tentang Tunjangan Ketenagakerjaan Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Kebumen.  Pendaftaran peserta dapat dilakukan melaui Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) BPJS Ketenagakerjaan,  adalah Petugas yang merupakan kepanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan kegiatan edukasi serta proses akuisisi ( pendaftaran) peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Perisai berkewajiban melaporkan keseluruhan kegiatan yang dilakukannya kepada Kantor BPJS Ketenagakerjaan.  Petugas Perisai yang ada di Kabupaten Kebumen ada yang berasal dari Unsur Perangkat Desa,  dan Perisai tersebut yang akan melakukan proses pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan dari Sektor Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Kebumen.  Saat ini sudah ada 4 (empat) orang Perangkat Desa yang tergabung menjadi Perisai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pembantu Kebumen,  mereka adalah Suhardi (Kecamatan Prembun), Ruri Suradi (Kecamatan Kuwarasan), Suyatno (Kecamatan Ambal), dan Solihin (Kecamatan Klirong). Nantinya, proses pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa akan dikoordinir dan dilakukan melalui keempat orang perisai tersebut.  Selain itu, Perisai juga dapat melakukan proses pendaftaran Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan selain dari sektor Kepala Desa dan Perangkat Desa, baik itu pekerja yang berasal dari sektor formal (Kantor/Instansi/Usaha) maupun pekerja dari sektor Informal (Pekerja Mandiri/Perorangan).

Adapun Kegiatan Sosialisasi untuk hari Kedua akan dilaksanakan pada Hari Jum’at tanggal   6 September 2019 bertempat di Ruang Sekar Jagat Hotel Mexolie Kebumen dengan Peserta dari Kepala Desa dan Ketua PPDI Kecamatan yang berada di Wilayah Kebumen Timur meliputi Kecamatan Buluspesantren, Ambal, Mirit, Prembun, Kutowinangun, Alian, Kebumen, Pejagoan, Sruweng, Sadang, Bonorowo, Padureso, Poncowarno, dan Karangsambung. (Puskominfo/Ruri Suradi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *