Tahun 2020 Penghasilan Perangkat Desa RT RW Malinau Naik

MALINAU – Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Dr.Ernes Silvanus mengungkapkan pada tahun 2020, penghasilan perangkat desa akan ditingkatkan. Begitu pula dengan perangkat RT-RT di Kabupaten Malinau.

“Sesuai hasil rapat yang dihadiri DPMD di Kementerian. Bahwa, wacana kenaikan gaji perangkat desa itu sudah disetujui. Hanya saja, kita di daerah masih menyesuaikan penghasilan tetap, “ ungkap Ernes, pekan lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Dr.Ernes Silvanus

Dalam kenaikan penghasilan tetap, kata Ernes, pihaknya menghitung secara simulasi untuk perangkat desa,  terdiri dari Sekretaris Desa, Kaur dan Kasi mencapai Rp8,9 miliar. Tetapi, melihat batang tubuh APBD 2020 diproyeksikan Rp1,4 triliun. “Sehingga kita, hanya menaikan untuk Kaur dan Kasi Desa. Karena mencapai Rp4,3 miliar,” jelasnya.

Jadi, lanjut dia,  pada tahun 2020, gaji Kepala Desa dan Sekretaris Desa tetap. Namun, yang ditingkatkan hanya Kaur dan Kasi Desa. “Pemberlakuannya dilakukan tahun depan,” katanya.

Sementara tingkat RT, sambung Ernes, pihaknya akan meningkatkan penghasilan tunjangan RT.

“Kita juga sudah menyesuaikan anggaran untuk penghasilan tunjangan bagi RT. Dan dimungkinkan akan naik,” ucapnya.

Menurut Ernes, penghasilan tunjngan RT ditingkatkan, karena RT merupakan satu bagian yang menjalankan program RT Bersih. Sehingga, perlu disesuaikan dengan penghasilan tunjangan terhadap RT. “Jadi akan disesuaikan antara RT dan Sekretaris RT,” pungkasnya.

sumber berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *