Kukuhkan Pengurus PPDI Banggai Laut, Bupati Berikan Apresiasi Positip

BALUT– Bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Banggai Laut, Bupati Sofyan Kaepa mengukuhkan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Banggai Laut Masa Bhakti 2021-2026, Sabtu (11/12).

Pada kesempatan itu, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa mengatakan, bahwa kehadiran PPDI di Banggai laut, bukan sebagai pesaing kepala desa, melainkan pendamping kepala desa. Sehingga tercipta suasana yang baik dalam menjalankan tugas untuk mewujudkan pembangunan di desa berjalan dengan baik untuk masyarakat desa.

“Kepala desa jangan berpikir hadirnya PPDI jadi saingan. Tidak sama sekali, PPDI sebagai mitra kepala desa bukan pesaing kepala desa,” terang Bupati Sofyan, seperti yang dilansir dari banggaipost.com .

Selain itu, hadirnya PPDI di Banggai Laut diharapkan dapat menjadi wadah perangkat desa untuk menyalurkan semua aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

“Jika terjadi sesuatu dengan aparat desa maka yang pertama mengambil peran adalah PPDI. Jika terjadi pemecatan pada aparat desa yang tidak sesuai dengan mekanisme atau aturan maka organisasi inilah yang berperan. Sehingga wadah ini harus benar-benar hadir membela kepentingan aparat desa yang ada di Kabupaten Banggai Laut,” tutur Bupati.

Bupati Sofyan juga berharap, PPDI ini dapat membantu kepala desa dalam menjalankan pemerintahan di desa. “Sekali lagi saya sampaikan PPDI bukanlah pesaing dari kepala desa,” tegasnya.

Ketua PPDI Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Fikri Agusti, dalam sambutannya menyampaikan organisasi PPDI berdiri tahun 2006. Untuk Provinsi Sulawesi Tengah PPDI ada di tahun 2021 dan Banggai Laut merupakan Kabupaten kedua yang telah membentuk serta dikukuhkan pengurus PPDI.

“Hadirnya PPDI merupakan angin segar bagi aparat desa. Banggai Laut adalah Kabupaten kedua yang pengurusannya sudah terbentuk dan dikukuhkan. Terimakasih kepada Pak Bupati Bapak Sofyan Kaepa, SH yang telah memfasilitasi teman-teman PPDI Banggai Laut,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Moh. Fikri Agusti meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Banggai Laut dalam hal ini Bupati, agar bisa mengeluarkan surat edaran paska pelaksanaan Pilkades. Surat himbauan tersebut menghimbau agar kepala desa yang baru terpilih untuk tidak melakukan pemecatan.
“Sekiranya pak Bupati bisa mengeluarkan surat himbauan kepada kades terpilih agar tidak melakukan pemecatan aparat desa yang tidak sesuai dengan aturan,” pinta Fikri.

Ketua PPDI Kabupaten Banggai Laut, Bachtiem Totoke mengucapkan dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa yang telah memberikan perhatian dan dukungan sehingga PPDI Banggai Laut bisa terbentuk. “Kami membutuhkan bimbingan dan arahan dari pak Bupati,” katanya.

About admin

Check Also

Tunggu Sosialisasi Dan Edaran Penerapan UU No 03 Tahun 2024, DPMD Nias Utara Pastikan Perpanjang Masa Jabatan 6 Kepala Desa

NIAS UTARA – DPR RI telah mеngеѕаhkаn revisi UU Desa, yang salah satu pointnya adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *