Alhamdulillah, Di Wonogiri Siltap Bisa Cair Tiap Bulan Langsung Masuk Rekening Perangkat Desa

Wonogiri – Penghasilan tetap (siltap) perangkat desa diawal tahun biasanya akan mengalami keterlambatan dalam pencairannya, hal ini karena sumber anggaran dari hak perangkat desa ini masih masuk ikut dalam Anggaran Dana Desa (ADD).

Sistem pencairan ADD yang biasanya turun (paling cepat) di triwulan pertama awal tahun penganggaran inilah, yang kemudian menjadi penyebab dari keterlambatan pencairan dari siltap perangkat desa.

Keterlambatan yang sama juga terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, tapi masih beruntung bagi perangkat desa di Kota yang terkenal dengan slogan Kota Sukses ini. Bagaimana tidak, siltap yang diterima perangkat desa hanya mengalami keterlambatan di satu bulan saja, yaitu bulan Januari.

Informasi yang didapat dari salah satu perangkat desa di Wonogiri, siltap yang diterima paling cepat di bulan Februari.

“ Itupun kita terima langsung dirapel selama 2 bulan, Januari dan Februari,” ujar Rinanto, Kaur Keuangan Desa Tremes, Sidoharjo, ketika dihubungi melalui sambungan selulernya.

“ Mekanisme nya memang kita ajukan dulu untuk triwulan kedepan di Januari, kemudian siltap akan masuk ke rekening masing-masing perangkat desa secara rutin tiap bulan, tentunya setelah pemindahbukuan dari rekening pemerintah desa,” tambah Rinanto yang berasal dari Cilacap ini.

Sebagai informasi, siltap yang diterima perangkat desa di Wonogiri sudah sesuai dengan aturan di PP No 11 Tahun 2019 dimana, Kepala Desa menerima Rp. 4 juta/bulan, Sekretaris Desa menerima Rp. 2,75 juta/bulan, dan Perangkat Desa menerima Rp. 2,050 juta.

Jumlah tersebut masih ditambah dengan adanya tunjangan yang besarannya menyesuaikan dengan kemampuan Pemerintah Desa, dan THR menjelang Hari Raya Idul Fitri sebesar 1x siltap.

Selain itu perangkat desa di Kota Gaplek ini juga sudah mendapat perlindungan melalui Jaminan Kesehatan dan Jaminan Sosial melalui BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“ Meski belum bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan tiap hari, tapi kami bersyukur siltap yang masuk ke rekening kami sudah rutin tiap bulan, mengingat masih banyak rekan-rekan di kabupaten lain yang belum tentu bisa menerima tiap bulan,” pungkas Rinanto.

Untuk pencairan siltap sendiri, di Wonogiri paling lambat tanggal 13 sudah bisa diterima di rekening perangkat desa yang bekerja sama dengan bank daerah.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *