Berita,  Berita Daerah

Aneh, Seleksi Perangkat Desa Ini Mengundang Tanda Tanya

Bangli, NusaBali – Pemerintah Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli menggelar rekrutmen perangkat desa dan staf desa. Seleksi diikuti 10 peserta, hasilnya telah keluar dan diketahui oleh para peserta. Namun calon yang diajukan ke camat untuk mendapatkan rekomendasi menuai masalah. Nama-nama yang dikirim ke kantor Camat Tembuku bukan peraih ranking tertinggi. Alhasil, Camat Tembuku Ida Bagus Suandi mengembalikan surat permohonan dari Perbekel Desa Yangapi untuk diperbaiki.

Camat Tembuku Ida Bagus Suandi mengaku sudah menerima surat permohonan rekomendasi dari Perbekel Desa Yangapi Wayan Edi Kurniawan. Hanya saja nama-nama yang diajukan untuk mendapatkan rekomendasi bukan peraih nilai tertinggi atau ranking pertama. Nama yang diajukan adalah peraih ranking 5 dan ranking 10.



“Kami belum berani mengeluarkan rekomendasi karena calon yang diajukan Perbekel Desa Yangapi tidak sesuai perangkingan,” ungkap Ida Bagus Suandi, Selasa (20/7). Ditegaskan, Pemerintah Desa Yangapi sudah melakukan uji kompetensi saat menggelar rekrutmen perangkat desa dan staf desa.

Dilansir dari nusabali.com, Camat Ida Bagus Suandi menegaskan, tim dari Kantor Camat Tembuku sudah membalas surat permohonan rekomendasi dari Perbekel Desa Yangapi. “Nama-nama yang diajukan Perbekel Desa Yangapi sesuai list yang saya baca adalah yang ranking 5 dan 10,” ungkapnya.




Camat Ida Bagus Suandi masih menunggu sikap Perbekel Desa Yangapi. “Kami mengembalikan surat permohonan rekomendasi tersebut. Kami juga mempertanyakan dasar pengajuan rekomendasi tidak sesuai perankingan,” tegas Ida Bagus Suandi.  

Camat Ida Bagus Suandi menyarankan Perbekel Desa Yangapi menggelar rapat dengan panitia termasuk melibatkan para peserta tes. Ditegaskan, penjaringan bertujuan untuk mendapatkan SDM andal sehingga perlu perankingan. Proses penjaringan untuk mencari ranking satu.



“Kalau tidak seperti itu, untuk apa melakukan penjaringan,” tegasnya. Camat Ida Bagus Suandi juga berkoordinasi dengan Dinas PMD Bangli untuk menyelesaikan masalah rekrutmen perangkat desa dan staf Desa Yangapi.

Terpisah, Perbekel Desa Yangapi, Wayan Edi Kurniawan menegaskan rekrutmen perangkat desa dan staf desa sudah sesuai aturan. Diakui yang diajukan mendapatkan rekomendasi Camat Tembuku bukan peraih ranking I. Alasannya, ada beberapa pertimbangan mengajukan calon lain. Hanya saja Edi Kurniawan enggan merinci secara detail alasannya. Edi Kurniawan berdalih akan menyampaikan kepada pihak kecamatan terkait alasannya mengajukan calon lain.

“Saya akan sampaikan kepada bapak camat,” jawab Edi Kurniawan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *