Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Bersiap Menjadi Saksi Bisu Munas PPDI Ke IV

Surabaya – Asrama Haji Sukolilo Surabaya telah dipilih Pengurus Pusat (PP) PPD sebagai lokasi penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) IV yang akan diadakan pada tanggal 8-9 Januari 2022. Berikut ini profil singkat dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Lokasi embarkasi bagi rombongan haji yang beralamat di  Jl. Manyar Kertoadi No 06 Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur ini mulai digunakan pada medio 1970-an. Asrama Haji Sukolilo Surabaya memiliki luas area kurang lebih 67.675 M2, usia bangunan Asrama Haji rata-rata telah mencapai 22 – 38 tahun lebih sehingga sangat beresiko bagi keamanan, kenyamanan dan pelayanan para pengguna Asrama Haji khususnya Jamaah Haji.

Program revitalisasi Asrama Haji sudah di lakukan melalui program pembiayaan SBSN pada tahun 2017, 2018 dan 2019 yang diharapkan akan memiliki banyak fasilitas seperti Penginapan Kamar dan Aula yang setara dengan hotel bintang 3.

Sebagai informasi, lokasi ini dari Bandara Juanda dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 20 mm, menuju pusat kota Surabaya sekitar 5 km, dan berjarak 15 km dari jalan tol. Dari Stasiun Kereta Api Gubeng menempuh perjalanan sekitar 60 menit dengan menggunakan bus kota, sementara dari terminal bus Bungurasih sendiri membutuhkan waktu sekitar 43 menit untuk menempuh perjalanan 14 km.

Akomodasi yang dibangun oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sejak tahun 1978 silam ini dikatakan mampu menampung tamu sebanyak 3.433 orang. Di samping kamar untuk menginap, Asrama Haji Sukolilo Surabaya juga memiliki fasilitas aula dan ruang pertemuan yang cukup luas untuk berbagai acara penting. Terdapat beberapa hall di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dengan biaya sewa mulai Rp2,8 jutaan hingga Rp4,7 jutaan untuk kapasitas 200 sampai 500 kursi. Kemudian, ada pula hall khusus dengan fasilitas AC dan kapasitas maksimal 300 kursi, dengan harga sewa antara Rp1,3 jutaan hingga Rp3,3 jutaan.

Kembali ke agenda lima tahunan PPDI tadi, di lokasi inilah akan ditentukan kembali perjalanan PPDI sebagai salah satu organisasi profesi terbesar di tanah air kedepannya. Salah satu agenda yang ditunggu tentu adalah pemilihan siapa Ketua Umum dengan masa bhakti 2022 -2027.

Menarik disimak, bagaimana Asrama Haji Sukolilo Surabaya ini akan menjadi saksi bisu PPDI dalam merangkai dan menentukan perjalanan besar dalam periode 5 tahun kedepan.

About admin

Check Also

Parah! Selain Berhentikan 19 Perangkat Desa, Kades Di Jenoponto Ini Juga Segel Kantor Desa

JENEPONTO – Sеbаnуаk 19 perangkat dеѕа diduga dіbеrhеntіkаn ѕесаrа ѕеріhаk оlеh Kepala Dеѕа (Kаdеѕ) Bоrоngtаlа, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *