Bakal Calon Presiden Bicara Tentang Desa, Ada Yang Konsen Untuk Perangkat Desa?

JAKARTA — Pemilihan umum Legislatif dan Presiden tinggal menghitung hari, sejauh ini sudah muncul 3 bakal calon Presiden yang akan bertarung pada 14 Februari 2024. Tentu banyak ide-ide dan gagasan yang ditawarkan kepada masyarakat agar mampu memikat.

Ada beberapa gagasan dari para Bakal Calon Presiden ini yang membicarakan tentang desa dan pemerintahan desa. Berikut ini secara berkelanjutan admin rangkum gagasan yang disampaikan dalam acara yang berlangsung di auditorium UnGM Yogyakarta, bulan lalu ini.

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto tampil di acara 3 Bacapres Bicara Gagasan yang digelar UGM, pada Selasa (19/09) . Dipandu Najwa Shihab, mereka secara bergantian menyampaikan gagasan-gagasan sebagai capres.

Ganjar Pranowo Bacapres dari PDIP menyampaikan enam pilar strategis dan dimulai dari pangan yang harus dipenuhi. Ia menekankan, perlu ada aktivasi birokrasi untuk memantau ketersediaan penawaran dan permintaan bahan pokok.

Lalu, menggenjot sentra produksi bahan pokok dan menyeimbangkan neraca ekspor-impor pangan. Soal lingkungan, Ganjar akan mengurangi gas emisi, mengembankan potensi mengembangkan ekonomi hijau atau ekonomi biru.

Selanjutnya, transformasi digital dan energi baru terbarukan. Menurut Ganjar, pendidikan dan kesehatan turut menjadi pilar strategis yang perlu ditransformasi karena itu pula yang jadi modal penting manusia.

Namun, ia mengingatkan, itu semua tidak akan berjalan baik ketika penegakan hukum lemah. Karenanya, Ganjar berpendapat, pendidikan anti korupsi menjadi penting diajarkan sejak dini demi bangun integritas.

“Ada tiga fondasi, melipat gandakan anggaran untuk mengcover itu, melakukan digitalisasi dalam dunia pemerintahan agar lebih cepat dan membasmi korupsi,” kata Ganjar.

Ada tujuh strategi yang akan disampaikan. Mulai dari membangun SDM produktif, stabilisasi harga bahan pokok, kemiskinan harus dihapus, memperkuat jaring pengaman sosial sampai hilirisasi menuju kelas dunia.

“Dan tingkatkan nilai tambah infrastruktur yang hari ini sudah dibangun oleh pemerintah sebagai fondasi yang kuat, dan mari kita kembalikan alam Indonesia jauh lebih baik,” ujar Ganjar.

Menjawab pertanyaan terkait implementasi UU Desa, berikut jawaban yang disampaikan mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode ini, yang bisa dilihat dari channel pawartos ndeso.

About admin

Check Also

Pererat Silahturahmi, PPDI Dan AKD Magetan Adakan Halal Bi Halal

MAGETAN – Memanfaatkan suasana Hari Raya Idul Fitri, PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) dan AKD …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *