Berhawa Dingin Menusuk Tulang, Inilah 5 Desa Tertinggi Di Indonesia

Tinggal di dataran tinggi memiliki kenikmatan tersendiri yang tiada duanya. Salah satunya adalah udaranya yang relatif sejuk dan dingin.

Bukan hanya itu, tinggal di tempat yang tinggi biasanya juga memiliki pemandangan indah khas bukit-bukit serta pegunungan. Karena kondisi geografis Indonesia yang beraneka ragam.

Setidaknya ada 5 desa tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian di atas rata-rata desa lainnya, berikut ini daftar 5 Desa tertinggi di Indonesia yang disarikan dari berbagai sumber.

Para pendaki yang menuju ke Puncak Gunung Lawu beristirahat di depan warung Mbok Yem di Hargo Dalem beberapa waktu lalu. (Istimewa/Yeyen Choiri)

Hargo Dalem

Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menyimpan pesona desa tertinggi di Indonesia. Tempat itu adalah Desa Hargo Dalem yang berada di ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Desa ini tidak bisa dikatakan tepat di Karanganyar. Sebab, Gunung Lawu membentang di tiga kabupaten, Karanganyar, Ngawi, dan Magetan. Desa ini hanya berjarak selemparan batu dari puncak Lawu jika ditarik garis vertikal.

Menurut catatan infopendaki.com, terdapat sebuah bangunan besar di desa ini dan hanya ditinggali oleh segelintir penduduk. Mereka sudah tinggal di Desa Hargo Dalem dalam jangka waktu lama.

Salah satu penduduk paling terkenal adalah Mbok Yem, pemilik warung makan rujukan pendaki. Warung ini juga menjadi tempat tinggal wanita yang sudah menetap di sana sejak 1980-an. Warung Mbok Yem juga dinobatkan sebagai warung tertinggi di Indonesia.

Kota Mulia sebagai daerah terdingin di Indonesia(Indonesia.go.id)

Distrik Mulia

Gunung Jayawijaya di Papua juga menyimpan desa tertinggi bernama Distrik Mulia. Tempat ini berada di ketinggian 2.448 mdpl yang mengakomodasi Bandara Mulia.

Desa Sembungan, Kabupaten Wonosobo (Instagram/jatengscenery)

Desa Sembungan

Desa tertinggi di Indonesia ini secara administratif berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa ini berada di ketinggian sekitar 2.105 mdpl dan bahkan ketinggian ini mengalahkan Gunung Halimun di Provinsi Banten.

Lokasinya yang berada di sekitar Dataran Tinggi Dieng membuat suhu udara di sini sangat dingin, baik waktu siang maupun malam hari. Bahkan saat musim kemarau, udara pagi di desa ini bisa menghasilkan bunga-bunga es di permukaan rumput dan dedaunan.

Desa Ranupani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Desa Ranupani

Desa yang berdiri di ketinggian 2.100 mdpl ini berada di kawasan Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Desa ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Ranupani pun merupakan desa terakhir yang akan dilewati para pendaki yang hendak berangkat ke Gunung Semeru. Desa ini menawarkan panorama alam yang indah dan masyarakat yang ramah.

Source: unesciencefans.blogspot.com

Desa Argosari

Desa ini berada di kawasan Gunung Bromo yang masih termasuk kawasan Gunung Bromo. Desa ini menyimpan pesona negeri di atas awan, yaitu Puncak B29 Bromo.

About admin

Check Also

LKBH Jabaraya, Siap Pendampingan Hukum Bagi Perangkat Desa Di Seluruh Indonesia

PROFESI PERANGKAT DESA disadari atau tidak menjadi salah satu profesi dengan resiko yang cukup tinggi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *