Bermata Biru Sampai Desa Tengkorak, Inilah 5 Desa Unik Di Indonesia

Keberagaman adat dan istiadat di Indonesia membuatmu bisa menemukan berbagi macam desa unik yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Mendengar desa unik, pasti yang terlintas di benakmu adalah Desa Baduy yang ada di Banten, Jawa Barat.

Ya, desa unik tersebut dikenal masih memegang teguh nilai tradisi dan menolak modernitas dunia luar, khususnya Baduy Dalam. Meski demikian, desa unik di Indonesia tak hanya bisa kamu temukan di Baduy saja. Ada beberapa desa unik lain yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia saja, lho. Di mana saja? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Desa Wae Rebo, Flores

5 Desa Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Bermata Biru Hingga Desa Tengkorak (1)
Desa Adat Wae Rebo, Flores Foto: Flickr / Reece Sanders

Desa Wae Rebo adalah satu dari sekian banyak desa unik yang ada di Indonesia. Desa yang terletak di Kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini sudah amat populer di kalangan wisatawan, bahkan dunia. Di desa ini setidaknya ada tujuh rumah utama yang berbentuk kerucut dengan tinggi dan diameternya yang sama. Rumah unik yang ada di desa ini bisa ditinggali oleh enam hingga delapan keluarga. Rumah adat ini sudah bertahan selama 19 generasi.

Untuk pemandangan di desa ini tak perlu diragukan lagi, hamparan gunung dan hijaunya alam bisa kita nikmati setiap harinya. Apalagi letak dan keberadaan rumah kerucut yang tersusun secara melingkar menjadikan Desa Wae Rebo ini sempurna. Bahkan, desa yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut itu menyuguhkan pemandangan bak negeri di atas awan.

2. Desa Baduy, Banten

5 Desa Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Bermata Biru Hingga Desa Tengkorak (2)
Masyarakat suku Baduy yang tak memakai alas kaki di dalam perjalanan. Foto: Helmi Afandi/kumparan

Bergeser ke Pulau Jawa tepatnya di Provinsi Banten, kamu juga bisa menemukan sebuah desa unik yang sangat kental akan budaya tradisionalnya. Ya, desa tersebut ialah Desa Baduy. Desa yang dihuni oleh Urang Kanekes atau Orang Baduy ini terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Bagi kamu yang ingin datang ke desa ini bisa langsung mengunjungi Desa Ciboleger yang menjadi pintu masuk menuju pemukiman Suku Baduy.

Sesampainya di pemukiman Suku Baduy, kamu bisa melihat rumah-rumah mereka yang terbuat dari bambu dan tertata rapi.Sungai yang mengalir di pemukiman ini juga sungguh jernih, karena Suku Baduy sangat menghargai alam. Dari beberapa cabang sungai, yang mereka gunakan sehari-hari hanya satu.Cabang sungai lain yang airnya jernih bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar serta wisatawan yang datang. Hutannya juga terjaga, karena masyarakat Baduy selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak hutan.

3. Desa Trunyan, Bali

5 Desa Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Bermata Biru Hingga Desa Tengkorak (3)
Desa Trunyan di Bali Foto: Shutter Stock

Selanjutnya ada Desa Trunyan yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Jika desa-desa sebelumnya memiliki nilai keindahan yang tiada duanya, Desa Trunyan bisa dibilang kebalikannya.Desa ini dikatakan sebagai desa unik, karena budaya dan adat istiadat yang tak biasa masih terjaga di sana.

Pemandangan yang hijau di desa ini diwarnai dengan banyaknya tengkorak manusia yang berserakan di mana-mana. Seram pasti, tetapi hal inilah yang membuat desa ini menjadi unik. Desa Trunya punya kuburan di sisi timur Danau Batur. Di sini, jenazah tidak dikuburkan. Jenazah akan diletakkan di tempat pemakaman Seme Wayah dan dibiarkan hingga membusuk.Menariknya lagi, walau dibiarkan terbuka, tapi tidak ada bau menyengat yang ditimbulkan dari tubuh jenazah.Ini karena terdapat sebuah pohon besar dan tinggi, yaitu taru menyan. Pohon inilah yang akan menetralisir bau tidak sedap yang muncul.

4. Desa Penglipuran, Bali

5 Desa Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Bermata Biru Hingga Desa Tengkorak (4)
Desa Adat Penglipuran di Bali Foto: Instagram/Explorebali

Masih berada di Bali, desa unik lainnya bisa kamu temukan di Desa Penglipuran. Desa ini terletak di kaki Gunung Batur, berjarak sekitar 45 kilometer dari Denpasar, Bali.

Desa ini mendapat predikat sebagai desa terbersih se-Pulau Dewata.Udara dan keadaan desa ini masih asri serta sangat kental dengan budaya Bali. Rumah berarsitektur Bali tampak berjejer di kiri dan kanan jalan. Ini karena menyesuaikan dengan konsep tata ruang dalam ajaran Agama Hindu, yaitu Tri Mandala. Pepohonan, rerumputan dan bunga aneka warna pun tampak tumbuh subur. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah keindahan.

5. Desa Siompu, Sulawesi Tenggara

Gadis bermata biru (foto:kompas.com)

Umumnya orang Indonesia memiliki mata yang berwarna kecokelatan. Tapi, di Desa Siompu kamu bisa menemukan penduduk yang memiliki mata berwarna biru layaknya orang-orang di Eropa. Penyebab kenapa orang-orang Siompu bermata biru adalah karena dulu sekali masyarakat ternyata menikah dengan orang-orang Portugis. Dari sini kemudian lahirlah anak-anak bermata biru.

Tak hanya mata, banyak juga orang-orang di Desa Siompu yang memiliki rambut pirang.

artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul “5 Desa Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Bermata Biru Hingga Desa Tengkorak”.

About admin

Check Also

2 Bulan Diterbitkan, DPD Adakan RDP Pengawasan UU Desa

JAKARTA – Dengan disahkannya perubahan dari UU No 6/2014 menjadi UU No 3/2024 tentang Desa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *