Bisa Jadi Opsi Untuk Dikunjungi, Inilah 5 Kampung Unik Di Indonesia

Indonesia merupakan negara terluas ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia dengan pulau terbanyak ke-6 di dunia.

Dengan banyaknya pulau di Indonesia menghasilkan karya-karya yang membuat negara ini selalu menjadi destinasi liburan bagi oara wisatawan. Salah satu destinasi yang dimiliki oleh Indonesia adalah kampung unik.

Negara Indonesia memiliki 37 provinsi di dalamnya. Pada provinsi ataupun suatu daerah di Indonesia nyatanya memiliki sebuah kampung unik yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Lantas kampung mana saja ya yuk simak informasi berikut :

1. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung unik yang pertama ini berawal dari proyek sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Ketika tahun 2006 lalu, sebanyak 91 rumah di tiga RT di cat warna-warni. Proses pengecatan tersebut dibantu oleh Komunitas mural lokal Malang, TNI dan Polisi. Kampung ini juga menjadi percontohan cikal bakal berdirinya 24 kampung tematik lain di Kota Malang.

2. Kampung Teletubbies, Sleman

Kampung unik yang kedua ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Sleman, Yogyakarta. Awalnya wilayah ini pernah terdampak gempa Yogyakarta yang terjadi pada tahun 2006.

Sebuah organisasi swadaya masyarakat membangun kembali wilayah ini dengan membuat rumah berbentuk dome agar kuat dari guncangan gempa.

3. Kampung Wae Rebo, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kampung unik ini merupakan desa adat terpencil di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa ini terletak pada ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut. Kampung unik ini hanya memiluki tujuh rumah utama yang disebut Mbaru Niang.

Banyak sejumlah wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan budaya dan keasrian alam pada wilayah tersebut. Kampung Wae Rebo dinyatakan sebagai Warisan Budaya Dunia pada Agustus 2012 oleh UNESCO.

5 Kampung Unik Yang Ada di Indonesia. Bikin Bangga Karena Salah Satunya Menjadi Warisan Budaya Dunia (wikipedia)

4. Kampung Inggris, Pare Jawa Timur.

Kampung unik ini terlatak di Desa Tulungrejo dan Desa Palem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Pada kawasan ini terdapat sekitar 100 lembaga bahasa Inggris dan bahasa Asing lainnya.

Kampung unik ini diinisiasikan oleh lembaga kursus yang bernama Basic English Course (BEC) yang didirikan oleh Kalend Osein pada tahun 1997. Kini kampung unik tersebut tercatat sudah ada sekitar 160 lembaga kursus bahasa Inggris.

5. Kampung Madras, Medan.

Kampung unik yang terakhir memiliki julukan Little India-nya Medan. Kampung unik ini terletak di Kecamatan Medan Polonia, dan Medan Petisah. Wilayah ini disebut sebagai kampung keling karena mayoritas penduduknya keturunan India khususnya etnis Tamil.

Pada abad ke-19 para penduduk etnis Tamil datang untuk bekerja di perkebunan lalu mendirikan pemukiman. Pada kampung unik ini juga terdapat sebuah tempat ibadah umat Hindu yang menjadi ikon kampung Madras yaitu Kuil Shri Mariamman.

Indonesia memang tidak ada habisnya menjadi daya tarik untuk berwisata, bisa jadi salah satu kampung tersebut ada di sekitar rekan perangkat desa.

About admin

Check Also

Galang Dana Operasional, PPDI Jawa Tengah Produksi Payung Bermotif Organisasi

Temanggung – Cuaca yang sering berubah-ubah di wilayah sekitar kita, dari terik matahari hingga hujan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *