Bukan Karena Horor, Inilah Dusun Tersepi Di Indonesia

Seperti kita ketahui sebagian besar wilayah Indonesia ada di pedesaan, untuk itu Presiden Jokowi menerapkan konsep pembangunan dari pedesaan.

Dari 80-an ribu desa di seluruh penjuru negeri, terdapat desa atau dusun yang bisa dikatakan daerah yang sepi. Ada yang jumlah penduduknya berkurang karena merantau, ataupun karena sebab yang lain.

Berikut ini 3 dusun tersepi di wilayah Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kampung Sumbulan

Desa ini merupakan bagian dari Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Dulunya merupakan desa yang ramai, namun sekarang hampir sepi ditinggalkan oleh warganya. Bukan karena hal mistis atau sebagainya, masyarakatnya yang dulu ramai banyak yang memutuskan untuk pindah.

Karena bekerja atau ikut pasangannya setelah menikah. Selain itu, akses jalan yang kurang memadai menjadi salah satu faktor yang menyulitkan aktivitas warganya.

Kampung ini dulu ramai oleh orang yang hendak menuntut ilmu agama di Pondok Pesantren yang ada di desa itu.

Namun setelah pendirinya wafat, sedikit demi sedikit muridnya mulai meninggalkan lembaga tersebut, seiring pula dengan berkurangnya warga desa.

Karena jumlahnya yang semakin menipis, membuatnya menjadi desa yang terisolasi bahkan tak sedikit yang menyebutnya “Desa Mati”.

2. Desa Tuwon

Dusun ini terletak di Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.  Dusun  ini merupakan Dusun terpencil di Wonogiri karena berada di tengah hutan.

Daerah ini hanya dihuni oleh 15 keluarga saja lho! yang sebagian besar warganya bekerja sebagai petani dan ternak kambing.

Untuk menuju kesana, kamu harus menelusuri jalan setapak dari tanah di tengah hutan pinus dan disisinya berupa jurang yang curam. Di dusun ini kamu bisa menemukan mushola untuk sarana ibadah warga desa Tuwon.

3. Dusun Mojokencot

Dusun ini terletak di Kecamatan Gondang Dusun, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Di dalamnya hanya ada 2 keluarga yang mendiaminya dan hanya ada empat rumah saja.

Dusun ini lokasinya sangat terpencil yaitu di tengah hutan sehingga menyulitkan untuk menjamahnya.

Akses jalannya pun sangatlah kecil, sehingga kendaraan bermotor tidak bisa masuk dan harus berjalan kaki menapaki semak-semak hutan yang sempit.

Dengan kesulitan itu, warga berharap adanya perbaikan akses jalan untuk mempermudah aktivitas sehari-harinya.

Daerah yang jarang dikunjungi ini, membuat suasana dan pemandangan alamnya masih sangat terjaga.

Termasuk dalam jajaran salah satu dusun tersepi di Indonesia, namun penduduknya terlihat baik-baik saja dan bahagia.

About admin

Check Also

Pengen Sukses Menjadi Perangkat Desa? Inilah 6 Kunci Sukses Yang Bisa Jadi Pegangan

Perangkat desa sekarang ini dituntut menjadi  agen perubahan di desa, memajukan kesejahteraan masyarakat. Kemajuan jaman …

One comment

  1. Desaku juga sepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *